• June 4, 2022

Manfaat Vitamin D Ternyata Bisa Cegah Kanker Usus dan Payudara

Manfaat Vitamin D Ternyata Bisa Cegah Kanker Usus dan Payudara

MEDIA24.ID, JAKARTA – Sejak kecil kita sudah dikenalkan sekilas tentang bermacam vitamin, termasuk di antaranya vitamin D. Darimana sumbernya dan apa saja manfaatnya.

Vitamin merupakan nutrien organik yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil untuk berbagai fungsi biokimiawi.

Baca juga: Rahasia Kulit Cantik Berseri, dari Konsumsi Ubi Jalar hingga Mentimun

Umumnya vitamin tidak disintesis oleh tubuh sehingga harus dipasok dari makanan.

Namun ada satu jenis vitamin yang bisa diperoleh dengan cara yang unik, yaitu vitamin D.

Vitamin D dibutuhkan tubuh untuk penyerapan kalsium, perkembangan tulang, untuk kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan.

Baca juga: Mengenal Obat Paracetamol, Cara Pakai dan Kegunaannya

Saat kecil kita diberitahu bahwa salah sumber vitamin D adalah matahari.

Untuk mendapatkan vitamin D, kita perlu berjemur di pagi hari. Waktu terbaik untuk berjemur adalah pukul 09.00.

Sinar matahari yang cukup dapat merangsang produksi vitamin D akami di dalam tubuh.

Vitamin D juga bisa didapatkan dari ikan, sayuran, dan buah-buahan. Antara lain ikan salmon, ikan sarden, ikan tuna, ikan herring, keju, pisang, kiwi, susu, jus jeruk, oatmil, brokoli, tahu dan tempe, minyak ikan, hati sapi, kuning telur, dan jamur.

BERITA LAINNYA  Anak Muda Minta Minuman Berpemanis DiKenai Cukai, Apa Sih Bahayanya?

Baca juga: Asam Jawa Baik untuk Penderita Diabetes, Ini Kata Praktisi Kesehatan

Praktisi kesehatan dari Rumah Sakit Islam (RSI) Banjarnegara dr Hening Widiawati mengungkapkan manfaat vitamin D, salah satunya bisa mencegah kanker usus dan kanker payudara. Menurutnya, ada penelitian di University of California yang menunjukkan bahwa vitamin D memiliki peran penting dalam mencegah kanker payudara dan kanker usus besar.

Menurut penjelasannya, dengan asupan 2.000 IU vitamin D per hari dapat menurunkan risiko terkena kanker hingga 50%. Sedangkan wanita yang mendapat asupan vitamin D 800-1000 IU per hari dapat menurunkan risiko kanker payudara hingga 50%.

Pernyataan ini sejalan dengan apa yang diungkapkan oleh Harvard Medical School yang menyatakan bahwa Asupan Tinggi Vitamin D dan Kalsium dapat menurunkan risiko kanker payudara pada wanita pra-menopause, namun tidak dengan wanita yang menopause.

BERITA LAINNYA  Cara Kerja Aromaterapi Mampu Berikan Efek Tenang di Jiwa

“Vitamin D dapat mencegah kanker, dengan menjaga kesehatan dan mencegah sel-sel yang tidak terkontrol,” kata Alumnus fakultas Kedokteran Unissula Semarang ini.

Dokter yang akhir akhir ini bergelut di dunia vaksin Banjarnegara ini menambahkan, orang yang memiliki kadar vitamin D dalam tubuh rendah (kurang dari 15 gram per miligram) berisiko dua kali lipat terkena serangan jantung dibandingkan dengan orang lain yang memiliki kadar vitamin D lebih tinggi atau di atas 15 gram darah permilligram nanogram.

Dalam keterangannya, vitamin D juga bisa mencegah penyakit tuberkulosis (TB).

“Ada penelitian yang menyebutkan bahwa vitamin D bila dikonsumsi akan meningkatkan produksi molekul cathelicidin yang sangat ampuh untuk membunuh bakteri penyebab tuberkulosis,” katanya.

Selain itu, vitamin D dapat mengurangi risiko asma dan alergi.

“Hal ini penting untuk ibu hamil, jadi perlu diingat dan diperhatikan, seperti kekurangan vitamin D dapat meningkatkan kadar asma dan alergi. Vitamin D yang cukup dapat menurunkan risiko asma dan alergi hingga 40%. Kekurangan vitamin D dapat memiliki efek negatif pada paru-paru dan sistem kekebalan tubuh di mana hal ini akan memperkuat risiko asma,” katanya.

BERITA LAINNYA  Johnny Depp Menang Gugatan atas Amber Heard, Segini Uang yang Akan Diterima

Hening menjelaskan, penggunaan steroid untuk pengobatan asma akan lebih baik dengan asupan vitamin D yang cukup. Hal ini karena vitamin D dapat membantu sisa steroid dan membuangnya, sehingga asma akan lebih cepat sembuh.

Vitamin D juga bisa mencegah pra-eklampsia, salah satu momok menakutkan bagi calon ibu adalah pra-eklamsia.
Sudah tau Apa itu pra-eklamsia? Pra eklampsia adalah kelahiran prematur dan keterbelakangan mental pada janin.

Hingga saat ini, pre-eklamsia sendiri belum terlihat penyebabnya secara pasti. Namun hasil penelitian yang melibatkan peneliti dari University of Pittsburgh menyebutkan ada hubungan antara pra-eklampsia dan kekurangan vitamin D pada awal kehamilan.

Dikabarkan, manfaat vitamin D dapat mempertajam daya ingat.

“Dalam struktur jaringan jaringan otak dapat banyak Vitamin D reseptor. Untuk itu para ahli sangat meyakini bahwa salah satu peran penting vitamin D bagi tubuh manusia adalah meningkatkan kecerdasan dan daya ingat otak,” katanya.

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published.