• May 31, 2022

Asam Jawa Baik untuk Penderita Diabetes, Ini Kata Praktisi Kesehatan

Asam Jawa Baik untuk Penderita Diabetes, Ini Kata Praktisi Kesehatan

MEDIA24.ID, JAKARTA – Asam Jawa mengandung banyak senyawa kimia yang bermanfaat bagi tubuh. Salah satunya asam Jawa baik bagi penderita diabetes karena mampu mengurangi kadar glukosa.

Berdasarkan keterangan di situs Kementerian Kesehatan (Kemenkes), diabetes melitus (DM) didefinisikan sebagai suatu penyakit atau gangguan metabolisme kronis dengan multi etiologi yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah disertai dengan gangguan metabolisme karbohidrat, lipid, dan protein sebagai akibat insufisiensi fungsi insulin.

Sederhananya, diabetes merupakan kondisi sel-sel tubuh yang tidak bisa menyerap gula, sehingga terjadi penumpukan gula dalam darah.

Untuk menurunkan kadar gula dalam darah, penderita diabetes bisa melakukan beragam cara. Salah satunya dengan mengonsumsi asam Jawa (Tamarindus indica).

BERITA LAINNYA  Covid-19 Naik Lagi, Belum Bisa Jadi Endemi, Ingat Kembali Gejalanya 

Hal ini diungkapkan oleh praktisi kesehatan Rumah Sakit Islam (RSI) Banjarnegara, dokter Titik Kusumawinakhyu M Biomed.

Baca juga: Surat Yasin dan Tahlil Lengkap dengan Doa Arwah

“Berdasar penelitian, diketahui xylosa yang ada dalam asam Jawa dapat mengurangi penyerapan dan kadar glukosa. Bisa kita lihat mereka yang rutin meminum wedang berasa asam ini, meski mempunyai penyakit gula, dapat beradaptasi dengan baik dengan penyakitnya dan tidak semakin memburuk,” kata Anggota Penelitian dan Pengembangan RSI Banjarnegara ini dikutip dari keterangan tertulisnya, Selasa, 31 Mei 2022.

Dokter Titik menjelaskan, asam Jawa banyak mengandung senyawa kimia seperti glikosida, fenol, mallic acid, tartaric acid, pectin, arabinosa, xylosa, galaktosa, glukosa. Senyawa-senyawa tersebut sangat baik untuk tubuh.

BERITA LAINNYA  Jangan Sepelekan Kurang Tidur, Ini Efek yang Bisa Ditimbulkan

Antihistamin yang dikandung asam Jawa bermanfaat bagi mereka yang menderita asma, akan tetapi belum diketahui secara keilmuan bagaimana kerja biomelekulernya sehingga dapat mem-blok pengeluaran histamin atau mediator kimia lainnya penyebab alergi.

Maka dari itu, beberapa penelitian menunjukkan asam Jawa mampu menurunkan kadar asam lemak dan kolesterol, sehingga kemungkinan adanya perlemakan di pembuluh darah dapat teratasi.

Selain itu, kemampuannya menghambat pengeluaran hormone leptin juga terbukti dapat mengurang berat badan. Hormon leptin ini adalah hormon yang membuat keinginan untuk makan atau lapar.

Baca jugaCara Mengetahui Password WiFi dari Laptop

Kegunaan secara empiris sudah digunakan turun-temurun di masyarakat adalah penggunaannya untuk sajian minuman, sari buah asam atau orang Banyumas menyebutnya wedang asem atau rucuh asem.

BERITA LAINNYA  6 Manfaat Pijat Shiatsu untuk Kesehatan Kamu

Perpaduan dengan gula jawa atau gula kelapa dan atau gula aren sangat nikmat apabila disajikan dengan panas, hangat maupun dingin.

Meski banyak manfaat, lanjutnya, yang perlu diperhatikan adalah konsumsi minuman asam Jawa perlu hati-hati bagi penderita tukak lambung, atau yang mempunyai masalah di email atau lapisan giginya.

Rasa asam akan membuat flora di mulut lebih asam dan beberapa yang mempunyai penipisan email gigi akan merasakan ngilu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.