• July 24, 2022

Bea Cukai Segel 1 Kontainer Senjata, TNI Beri Penjelasan

Bea Cukai Segel 1 Kontainer Senjata, TNI Beri Penjelasan

MEDIA24.ID, JAKARTA- Kantor Bea dan Cukai Pelabuhan Panjang Lampung menemukan dan menyegel satu kontainer berisi senjata di kawasan pelabuhan pada Jumat, 22 Juli 2022 malam.

Korem 043/Garuda Hitam Lampung mengatakan senjata-senjata tersebut akan dipakai untuk kegiatan latihan bersama Garuda Shield 2022 di Pusat Pelatihan Tempur (Puslatpur) milik TNI AD.

Baca juga: Cacar Monyet Ditetapkan Darurat Kesehatan, Begini Gejala dan Penularannya

Baca juga: Incar Masuk Sekolah Kedinasan STAN? Ini Kisi-kisi Materi Tes Wawancara

Seperti diketahui, latma Garuda Shield 2022 akan digelar selama dua pekan di awal Agustus dengan melibatkan Angkatan Darat dari 15 negara sahabat termasuk US Army.

BERITA LAINNYA  Inggris Vs Italia: Three Lions Bidik Kemenangan Perdana

Dikutip dari situs resmi TNI AD, latma akan digelar di dua daerah latihan sekaligus yaitu Puslatpur Kodiklatad Baturaja, Sumsel dan Puslatpur Kodam VI/Mlw Amborawang.

“Senjata-senjata itu akan digunakan untuk latihan dalam kegiatan Garuda Shield sehingga dilakukan pendataan dan pencocokan sebelum dibawa ke Puslatpur,” kata Kepala Penerangan Korem 043/Gatam Mayor Cpm Eva Y. Kamal seperti dikutip dari Antara News, Minggu, 24 Juli 2022.

Mayor Cpm Eva menjelaskan senjata-senjata yang berada di dalam Tricon Container US Army tersebut telah diketahui oleh pihak-pihak terkait, bahwa hal tersebut akan dipergunakan dalam latihan Garuda Shield.

“Ini bukanlah yang pertama kali dilakukan sebab sebelumnya sudah dilaksanakan beberapa latihan seperti ini, dalam kegiatan ini juga sudah ada siapa berbuat apa, bahkan yang punya wilayah pun Dandim sudah ada di sana, ini adalah kegiatan yang terencana,” katanya.

BERITA LAINNYA  Tak Hanya Permak Jakun, Ini Deretan Operasi Lucinta Luna

Sementara perihal apakah terdapat permasalahan dalam kelengkapan dokumen senjata-senjata itu, Mayor Eva mengatakan bahwa yang memiliki kewenangan menjelaskan hal tersebut dari Puspen TNI.

“Saat ini kami sedang melakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen kontainer tersebut, karena memang harus tetap dilaksanakan pengecekan dan pemeriksaan, baik saat berangkat maupun sampai di lokasi tujuan dan tentunya sudah ada petunjuk perintah dari pusat,” katanya.

1 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.