• July 23, 2022

Incar Masuk Sekolah Kedinasan STAN? Ini Kisi-kisi Materi Tes Wawancara

Incar Masuk Sekolah Kedinasan STAN? Ini Kisi-kisi Materi Tes Wawancara

MEDIA24.ID, JAKARTA- Lagi siap-siap daftar sekolah kedinasan PKN STAN (Politeknik Keuangan Negara STAN) tahun depan?

Sekolah kedinasan yang berada di bawah Kementerian Keuangan ini punya seleksi yang ketat. Jadi peminatnya harus mempersiapkan diri sedini mungkin.

Nah bagi calon mahasiswa yang tahun ini sudah lolos proses seleksi awal, sebentar lagi akan memasuki tahap wawancara pada 8-12 Agustus 2022.

Baca juga: Ini Daftar Sekolah Kedinasan yang Bisa Jadi Pilihan, Otomatis PNS

Baca juga: 3 Sekolah Kedinasan Buat Anak IPS, Kuliah Gratis dan Jaminan PNS

Direktur PKN STAN Rahmadi Murwanto dalam acara Beasiswa OSC Talks di kanal Instagram beasiswaosc mengungkap kisi-kisi materi tahap wawancara itu.

BERITA LAINNYA  Presiden Timor Leste Ramos-Horta Berikan Kuliah Umum di UIN Jakarta

Calon mahasiswa akan diberikan pada pertanyaan seputar kebiasaan sehari-hari. Tidak ada penilaian salah atau benar yang diberlakukan dalam tes tersebut.

“Ditanya kebiasaan sehari-hari. Kalau mereka menghadapi masalah cara mereka menyelesaikan seperti apa. Dan ini bukan sesuatu yang ini lebih baik daripada itu,” ujar Rahmadi dikutip Sabtu, 23 Juli 2022.

Ia juga menyebutkan tes wawancara di sekolah kedinasan tersebut bertujuan untuk melakukan konfirmasi ulang pada hasil tes psikotes.

“Menggali sekaligus melengkapi profil soft competency di psikotes,” katanya.

Menurut Rahmadi , wawancara diperlukan untuk menyaring lagi peserta yang lolos psikotes meski profil seorang peserta sudah dianggap cocok dan siap oleh psikolog.

BERITA LAINNYA  Pencurian Aglaonema Marak, Pedagang Rugi Ratusan Juta

Pasalnya, dari pengalaman sebelumnya  sekitar 10 persen hasil psikotes peserta tes sekolah kedinasan PKN STAN tidak cocok dengan kriteria peserta yang dicari.

Rahmadi mengungkapkan psikotes merupakan tes lanjutan setelah Seleksi Kompetensi Dasar. Tes ini ditujukan untuk mencari siswa yang tidak hanya pintar tapi juga cocok dengan lingkungan kampus.

“Psikotes memang kita buat semacam standar aspek psikologis yang memungkinkan mereka masuk PKN STAN itu sukses. Jadi, tidak hanya pintar tapi cocok untuk kuliah di kampus,” ujarnya.

BERITA LAINNYA  Kemenag Umumkan Hasil Seleksi Administrasi Calon PPPK, Cek Namamu di Sini

Pasalnya, tidak sedikit ditemukan mahasiswa mengundurkan diri akibat stres.

1 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.