• May 27, 2022

UI Buka Jalur Prestasi untuk Penerimaan Mahasiswa S1 Reguler

UI Buka Jalur Prestasi untuk Penerimaan Mahasiswa S1 Reguler

MEDIA24.ID, JAKARTA– Universitas Indonesia (UI) membuka jalur penerimaan mahasiswa baru bagi siswa/siswi berprestasi yang lulus di tahun 2022 untuk mengikuti seleksi masuk UI tahun ini, yaitu melalui jalur prestasi.

Ini merupakan skema penerimaan mahasiswa baru UI untuk lulusan SMA/sederajat yang memilih program pendidikan S1 Reguler dengan menggunakan nilai rapor dan sertifikat prestasi.

Pendaftaran jalur prestasi ini telah dibuka pada 12 Mei 2022 dan akan berakhir sampai dengan 4 Juni 2022 melalui tautan https://penerimaan.ui.ac.id/.

Baca jugaRektor UNAIR Periode 1993-1997 Bambang Rahino Tutup Usia

Baca juga: MM FEB UGM Luncurkan Buku “Mencetak Pemimpin Bisnis” Peringati Dies ke-32

UI membuka peluang bagi siswa yang memiliki prestasi di bidang sains dan teknologi;  ilmu kesehatan;  ekonomi dan kewirausahaan; seni, bahasa, literasi, dan keagamaan; serta olah raga.

BERITA LAINNYA  Hasil MotoGP Belanda: Quartararo Crash, Bagnaia Juara

“Bagi yang memiliki prestasi di bidang sains dan teknologi dapat memilih program studi dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Teknik (FT), dan Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM),” ujar Kepala Biro Humas dan KIP UI, Dra. Amelita Lusia, M.Si. CPR dalam keterangan tertulis yang dikutip Jumat, (27/5/2022).

Lalu untuk yang memiliki prestasi di bidang kesehatan, dapat memilih program studi dari Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK), Fakultas Farmasi (FF), dan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM).

Baca juga: Standard Chartered – Plan Indonesia Dorong Ekonomi Kaum Muda NTT 

Sementara itu, siswa-siswi yang memiliki prestasi di bidang ekonomi dan kewirausahaan, dapat memilih program studi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan Fakultas Ilmu Administrasi (FIA).

Sementara yang memiliki prestasi di bidang seni, bahasa, literasi, dan keagamaan, dapat memiliki program studi dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Hukum (FH), dan Fakultas Psikologi.

BERITA LAINNYA  Marshanda Hilang di Amerika, Sahabat Singgung soal Manic Episode

“Jenis prestasi yang akan menjadi bahan pertimbangan saat proses seleksi adalah minimal penerima medali perunggu atau juara tiga di kejuaraan kompetisi tingkat nasional dan internasional,” ujar Amelita.

 Prestasi yang diperoleh merupakan prestasi yang diterima saat masih menjadi siswa/siswi aktif SMA/sederajat selama tiga tahun terakhir. Sertifikat kejuaraan yang diperoleh diperlukan dalam syarat untuk pendaftaran.

Persyaratan lainnya adalah pendaftar memenuhi persyaratan kesehatan yang ditetapkan oleh program studi.

Pendaftar mengunggah scan rapor (halaman data diri dan nilai pengetahuan semester 1 sampai semester 5) dan sertifikat bukti prestasi dalam bentuk file PDF dengan maksimal 2 MB. Pendaftaran jalur prestasi gratis, peserta tidak dipungut biaya.

BERITA LAINNYA  Produk Konstruksi Indonesia Mulai Rambah Pasar Australia

Berbeda dengan jalur olimpiade yang sudah ada sebelumnya, jalur prestasi pada tahun ini menerima lebih banyak jenis prestasi. Jalur ini dapat diikuti oleh seluruh siswa/siswi berprestasi di Indonesia yang lulus pada tahun 2022.

Hasil seleksi jalur prestasi UI dapat dilihat pada 24 Juni 2022. Setelah itu, dalam prosesnya nanti akan ada tahapan wawancara oleh fakultas.

Tata cara mendaftar jalur prestasi dimulai dari membuat akun pendaftaran pada laman https://penerimaan.ui.ac.id/.

2 Comments

  • It’s wonderful that you are getting thoughts from this
    paragraph as well as from our dialogue made at this time.

  • Excellent blog post. I absolutely appreciate this website.
    Keep it up!

Leave a Reply

Your email address will not be published.