GAYAPROPERTI

Tips Renovasi Teras Gaya Aesthetic dan Contoh Anggarannya

1015
×

Tips Renovasi Teras Gaya Aesthetic dan Contoh Anggarannya

Share this article
aesthetic, Image by lifeforstock on Freepik
aesthetic, Image by lifeforstock on Freepik

MEDIA24.ID, JAKARTA– Renovasi teras gaya aesthetic adalah cara yang bagus untuk menciptakan ruang luar yang menarik, artistik, dan menggambarkan selera pribadi Anda.

Berikut adalah beberapa tips untuk membangun teras dengan gaya aesthetic:

  1. Pilih Tema Aesthetic: Tentukan tema atau gaya aesthetic yang ingin Anda ciptakan untuk teras Anda. Misalnya, Anda dapat memilih gaya minimalis, skandinavia, bohemian, vintage, tropis, atau gaya estetik lainnya. Pemilihan tema ini akan membantu memberikan arah pada desain dan dekorasi teras Anda.
  2. Warna yang Menarik: Pilih skema warna yang sesuai dengan tema aesthetic yang Anda pilih. Warna-warna netral dan lembut umumnya lebih banyak digunakan dalam gaya aesthetic, tetapi jangan ragu untuk menambahkan sentuhan warna yang menarik untuk memberikan aksen pada teras Anda.
  3. Bahan Alami: Gunakan bahan-bahan alami seperti kayu, batu alam, atau tanaman hijau untuk menciptakan suasana yang organik dan dekat dengan alam. Bahan-bahan ini memberikan sentuhan hangat dan nyaman pada teras Anda.
  4. Perabot Unik: Pilih perabot dan dekorasi yang unik dan menarik. Misalnya, kursi gantung, kursi berbentuk unik, atau meja dengan desain artistik. Anda juga bisa mencari perabot vintage atau handmade yang memberikan nuansa estetik yang khas.
  5. Hiasan Dinding: Tambahkan hiasan dinding atau karya seni yang sesuai dengan tema
    aesthetic Anda. Lukisan, poster, atau hiasan dinding lainnya dapat memberikan sentuhan
    seni yang menarik pada teras Anda.
  6. Pencahayaan yang Romantis: Gunakan pencahayaan yang lembut dan hangat untuk menciptakan suasana yang romantis dan nyaman pada malam hari. Lampu gantung, lentera, atau lampu taman dengan cahaya yang redup bisa menjadi pilihan yang tepat.
  7. Kombinasi Tekstur: Gabungkan berbagai tekstur seperti kayu, kain, atau anyaman untuk
    menciptakan dimensi visual dan sensasi taktis yang menarik.
  8. Tanaman Hias: Tanamkan tanaman hias dalam pot atau taman kecil di sekitar teras Anda.
    Tanaman memberikan suasana segar dan alami pada ruang outdoor Anda.
  9. Fungsionalitas: Pastikan teras Anda tetap fungsional dan nyaman. Pertimbangkan untuk menambahkan pergola atau payung untuk melindungi dari sinar matahari atau hujan, serta pertimbangkan pemilihan perabot yang nyaman untuk bersantai.
  10. Perawatan dan Konsistensi: Terakhir, pastikan untuk merawat teras secara rutin dan menjaga konsistensi dalam tema dan gaya aesthetic yang Anda pilih untuk menciptakan tampilan yang menyatu dan harmonis.
BERITA LAINNYA  Menteri Singapura Sambangi Kawasan TOD Sinar Mas Land

Ingatlah bahwa gaya aesthetic adalah tentang ekspresi kreativitas dan preferensi pribadi. Nikmati proses mendesain dan membangun teras dengan gaya aesthetic Anda sendiri untuk menciptakan ruang outdoor yang unik, menarik, dan menyenangkan untuk dinikmati bersama keluarga dan teman-teman.

Berikut contoh budgeting membuat teras gaya aesthetic :

Anggaran untuk membangun teras dengan gaya aesthetic dapat bervariasi tergantung pada lokasi, ukuran teras, pilihan bahan, dan desain yang Anda inginkan. Namun, berikut adalah perkiraan anggaran kasar untuk membangun teras gaya aesthetic ukuran 3 x 3 meter:

  1. Bahan Bangunan:
    • Keramik lantai: Rp 500,000
    • Batu bata atau kayu untuk dinding (jika diperlukan): Rp 300,000
    • Semen, pasir, dan kerikil: Rp 400,000
    • Cat dan peralatan cat: Rp 400,000
  2. Perabot dan Dekorasi:
    • Meja dan kursi estetik: Rp 800,000
    • Kursi gantung atau kursi berbentuk unik: Rp 500,000
    • Hiasan dinding atau karya seni: Rp 300,000
    • Lampu taman atau lentera: Rp 300,000
  3. Tanaman dan Lanskap:
    • Tanaman hias dalam pot: Rp 300,000
    • Pot atau wadah untuk tanaman: Rp 200,000
  4. Pergola atau Payung:
    • Pergola atau payung untuk melindungi dari sinar matahari: Rp 800,000
  5. Biaya Lainnya:
    • Pekerjaan konstruksi (jika Anda menyewa tukang): Rp 1,000,000
    • Transportasi dan logistik: Rp 200,000
    • Cadangan/kejutan: Rp 300,000
BERITA LAINNYA  Manfaat Vitamin D Ternyata Bisa Cegah Kanker Usus dan Payudara

Total Perkiraan Biaya: Rp 5,900,000

Perlu diingat bahwa anggaran di atas hanya perkiraan kasar, dan harga bahan serta biaya tenaga kerja dapat bervariasi berdasarkan lokasi dan keadaan pasar. Selalu bijaksana untuk meminta penawaran dari pemasok dan kontraktor lokal, serta mencari opsi-opsi alternatif yang sesuai dengan anggaran Anda.

Jika anggaran Anda terbatas, Anda juga dapat mengurangi biaya dengan melakukan beberapa pekerjaan sendiri atau memilih bahan-bahan yang lebih ekonomis, tetapi tetap memperhatikan kualitas dan ketahanan. Ingatlah bahwa estetika adalah tentang kreativitas dan ekspresi pribadi, jadi nikmati proses merancang dan membangun teras Anda sendiri!

BERITA LAINNYA  Simak! Ini Jenis-jenis Kanker dan Cara Mendeteksinya