• June 29, 2022

Tiba di Ukraina, Jokowi Lihat Puing-puing Akibat Perang

Tiba di Ukraina, Jokowi Lihat Puing-puing Akibat Perang

MEDIA24.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi serta rombongan telah sampai di Kiev, Ukraina, Rabu, 29 Juni 2022.

Jokowi sebelumnya naik Kereta Luar Biasa yang disediakan Pemerintah Ukraina dari Polandia.

Baca jugaPemerintah Tetapkan Hari Raya Idul Adha 10 Juli 2022

Setelah 11 jam lamanya, Jokowi akhirnya sampai di Peron 1 Stasiun Central Kyiv, Ukraina sekitar pukul 08.50 waktu setempat.

Presiden ke-7 RI itu disambut Deputi Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Senik, Kepala Komisi Hubungan Antar Pemerintah Ukraina-Indonesia Taras Kachka, dan pejabat KBRI Kiev.

Mengutip situs resmi presiden, Jokowi didampingi Wali Kota Irpin Alexander Markushin meninjau kompleks Apartemen Lipky di Kota Irpin, Ukraina. Ia melihat puing-puing bangunan apartemen yang rusak akibat perang.

BERITA LAINNYA  Reshuffle Kabinet Juni 2022, Ini Daftar Menteri dan Wamen Baru Jokowi

Baca jugaHore! Gaji ke-13 PNS Cair 1 Juli, Termasuk untuk Pensiunan

“Saya didampingi oleh Wali Kota Irpin dan Deputi Wali Kota Irpin melihat kerusakan yang terjadi di Kota Irpin akibat perang dan sangat menyedihkan sekali banyak rumah-rumah yang rusak kemudian juga infrastruktur yang rusak,” kata Jokowi dikutip dari situs resmi Presiden, Rabu, 29 Juni 2022.

Presiden Jokowi berharap agar perang bisa segera dihentikan dan tidak ada lagi kota-kota di Ukraina yang rusak akibat perang.

BERITA LAINNYA  Krisis Akibat Perubahan Iklim Makin Nyata, Nelayan Sulit Melaut dan Desa Tenggelam 

“Kita harapkan tidak ada lagi kota-kota yang rusak di Ukraina akibat perang,” katanya.

Baca jugaKJP Plus Juli 2022 Kapan Cair, Buat Biaya Masuk Kelas Baru Nih 

Setelah itu, Jokowi bersama Iriana juga mendatangi Pusat Ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ dan Jaringan Endokrin Ukraina di Kota Kiev. Ibu Negara secara simbolis menyerahkan bantuan kemanusiaan berupa obat-obatan.

Selain bantuan kemanusiaan kepada rumah sakit, Pemerintah Indonesia juga memberikan bantuan melalui Palang Merah Ukraina dan komitmen rekonstruksi rumah sakit yang rusak akibat perang.

BERITA LAINNYA  Jumat Kelabu Roy Suryo, Unggah Meme Lalu Ditahan Polisi

“Selain bantuan yang secara simbolis disampaikan Ibu Negara, pemerintah Indonesia juga memberikan bantuan melalui Palang Merah Ukraina dan juga komitmen untuk membantu rekonstruksi rumah sakit yang terdampak perang,” kata Menlu Retno Marsudi.

Setelah melakukan kegiatan sosial, Jokowi kemudian berkunjung ke Istana Maryinsky di Kiev pukul 15.00 waktu setempat. Jokowi disambut langsung Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di pintu masuk Istana.

Keduanya lalu masuk ke dalam Istana untuk melakukan pertemuan tatap muka.

Leave a Reply

Your email address will not be published.