• December 15, 2022

Ingat Gaes! SNBP 2023 Tak Perhitungkan Pelajaran Muatan Lokal

Ingat Gaes! SNBP 2023 Tak Perhitungkan Pelajaran Muatan Lokal

MEDIA24.ID, JAKARTA- Penilaian jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi atau SNBP 2023 untuk masuk perguruan tinggi negeri menggunakan komponen nilai rerata rapor mata pelajaran dan komponen penggali minat dan bakat.

Komponen tersebut termasuk nilai rapor dari maksimal 2 mata pelajaran pendukung, prestasi, dan portofolio.

Baca juga: Penting! Lolos SNBP 2023 Tak Bisa Daftar Sekolah Kedinasan

Baca juga: Begini Ketentuan Baru KIP Kuliah untuk SNPMB 2023, Cek Ya

Berdasarkan aturan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), komponen nilai rerata rapor mencakup seluruh mata pelajaran semester 1-5 di SMA/sederajat. Bobot komponen ini minimal 50 persen.

BERITA LAINNYA  Pintu Terbuka Lebar untuk Anies dan Ganjar di Pilpres 2024

Ketua Pelaksana SNPMB Budi P Widyobroto mengatakan untuk mendapatkan rata-rata nilai rapor tersebut tidak boleh memasukkan mata pelajaran muatan lokal atau mulok.

“Di Permendikbud 48 Tahun 2022 terkait seleksi SNBP 2023 tolong dibaca secara baik-baik. Di sana, jelas bahwa 50 persen itu adalah nilai rerata rapor semester 1 sampai semester 5. Dan itu tidak termasuk mulok,” kata Budi dalam Sosialisasi SNPMB yang disiarkan di kanal YouTube UNY Official.

Menurutnya pihak penyeleksi di masing-masing perguruan tinggi akan menghadapi kendala jika muatan lokal ikut digabungkan untuk mendapatkan nilai rerata. Pasalnya setiap daerah memiliki mulok yang berbeda.

“(Jika ada muatan lokal), kita yang akan melakukan seleksi nanti bingung, bahasa Sunda di Jawa Barat, ono (ada) bahasa Jawa di Jawa Tengah-Jogja, nanti membandingkannya gimana,” ujar Budi.

BERITA LAINNYA  Atta Halilintar Rekrut Legenda Futsal Perkuat Pendekar United

Guru besar Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM) itu menyambung, “Jadi, sekali lagi, (nilai rerata rapor) itu tidak termasuk mulok dan sebagainya, jadi lebih ke mata pelajaran pengetahuan, kira-kira gitu ya, (bobotnya) 50 persen.”

Budi menambahkan, komponen kedua di seleksi SNBP diambil dari mata pelajaran pendukung yang telah ditetapkan dalam Keputusan Mendikbudristek Nomor 345 Tahun 2022 beserta prestasi.

Khusus peminat prodi olahraga dan seni, portofolio juga masuk dalam penilaian.

“Prestasi lainnya itu termasuk siswa punya prestasi olimpiade, prestasi di nasional, internasional, dan sebagainya. Dan itu sudah kita batasi juga, silahkan upload prestasi terbaik, diizinkan hanya 3,” kata Budi.

BERITA LAINNYA  Penyanyi Lagu Widuri, Bob Tutupoly Meninggal Dunia

Komponen Penilaian SNBP 2023

  • Nilai rata-rata rapor seluruh mata pelajaran (bobot minimal 50 persen)

  • Komponen penggali minat dan bakat (bobot maksimal 50 persen):

  1. Nilai rapor dari maksimal 2 mata pelajaran pendukung

  2. Prestasi

  3. Portofolio (untuk tujuan prodi seni dan olahraga).

Leave a Reply

Your email address will not be published.