BISNISPROPERTI

Sewa Rumah atau Beli Rumah, Mana Lebih Untung?

183
×

Sewa Rumah atau Beli Rumah, Mana Lebih Untung?

Share this article
ilustrasi sewa beli peroperti Image by Freepik
ilustrasi sewa beli peroperti Image by Freepik

MEDIA24.ID, JAKARTA– Pilihan antara sewa rumah dan membeli properti dan barang lainnya telah menjadi perdebatan yang berkelanjutan. Dalam artikel ini, kami akan membahas mengapa sewa bisa menjadi pilihan yang lebih baik dalam beberapa situasi. Terutama ketika berbicara tentang properti, biaya dan fleksibilitas menjadi pertimbangan utama yang membuat sewa lebih menguntungkan. Selain itu, kita juga akan membahas tanggung jawab terkait maintenance dan pajak yang menjadi beban bagi pemilik.

Perbandingan Sewa Rumah atau Beli Rumah : Biaya dan Kualitas

Salah satu alasan utama mengapa sewa menjadi opsi menarik adalah perbandingan biaya dengan kualitas yang didapat. Pembelian properti seringkali melibatkan biaya yang jauh lebih tinggi daripada menyewa properti serupa. Uang muka dan bunga Kredit Pemilikan Rumah (KPR) menjadi beban besar bagi pembeli. Sebaliknya, sewa hanya mengharuskan pembayaran uang sewa dengan jangka waktu tertentu.

Misalnya, dalam kasus properti di daerah BSD, menyewa rumah selama 20 tahun bisa lebih ekonomis daripada membeli rumah dengan KPR selama periode yang sama. Selain itu, saat ini, banyak properti yang disewakan menawarkan fasilitas yang tidak kalah dengan properti yang dibeli. Oleh karena itu, sewa bisa menjadi pilihan yang lebih hemat biaya sambil tetap menikmati fasilitas yang sama dengan properti yang lebih mahal untuk dibeli.

Fleksibilitas terhadap Perubahan Rencana antara Sewa Rumah atau Beli Rumah 

Fleksibilitas adalah keuntungan besar dalam menyewa properti atau barang lainnya. Memiliki properti, terutama rumah atau ruko, berarti harus berkomitmen untuk waktu yang lama. Namun, dalam kehidupan, rencana bisa berubah secara mendadak, seperti perubahan pekerjaan atau kebutuhan hidup yang berubah.

BERITA LAINNYA  Kuota Sertifikasi Halal Gratis BPJPH Masih Banyak, Ini Syarat dan Cara Daftarnya 

Dalam hal ini, sewa memberikan kesempatan untuk mencoba sesuatu sebelum mengambil keputusan jangka panjang. Sebelum membeli properti, misalnya, menyewa di lingkungan yang sama memungkinkan seseorang untuk mengevaluasi apakah tempat tersebut sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Dengan sewa, perpindahan atau mencoba hal-hal baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa terikat oleh kewajiban kompleks yang seringkali terkait dengan kepemilikan.

Tanggung Jawab Maintenance dan Pajak

Salah satu aspek yang perlu dipertimbangkan dalam kepemilikan adalah tanggung jawab atas maintenance dan pajak. Memiliki properti atau barang berarti harus merawatnya agar tetap berfungsi dengan baik. Maintenance rutin dan perbaikan bisa menjadi beban tambahan bagi pemilik.

BERITA LAINNYA  Reaktivasi Blast Furnace, KRAS Gandeng Investor China

Dalam hal pajak, menjadi pemilik rumah berarti harus menanggung beban Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) serta pajak kendaraan. Namun, dengan menyewa, tanggung jawab ini ada pada pemilik properti atau barang. Sebagai penyewa, kita tidak harus memikirkan perawatan dan pajak, sehingga memberikan kenyamanan dan kebebasan dari beban tersebut.

Kesimpulan

Dalam beberapa situasi, menyewa bisa menjadi pilihan yang lebih menguntungkan daripada membeli properti atau barang lainnya. Perbandingan biaya dan kualitas, fleksibilitas terhadap perubahan rencana, serta bebas dari tanggung jawab maintenance dan pajak menjadi alasan utama mengapa sewa menjadi opsi menarik. Namun, tentu saja, keputusan akhir harus didasarkan pada kebutuhan dan situasi finansial masing-masing individu.