• June 11, 2022

3 Sekolah Kedinasan Buat Anak IPS, Kuliah Gratis dan Jaminan PNS

3 Sekolah Kedinasan Buat Anak IPS, Kuliah Gratis dan Jaminan PNS

Sejumlah kementerian dan lembaga pemerintah membuka sekolah kedinasan bagi calon lulusan SMA.

Tak hanya bagi siswa SMA jurusan IPA atau SMK jurusan teknik saja. Sekolah-sekolah tersebut membuka peluang untuk anak jurusan IPS juga loh.

Sekolah kedinasan adalah perguruan tinggi yang menyediakan ikatan dinas dengan lembaga pemerintah penyelenggara pendidikan.

Maka, lulusannya diarahkan menjadi CPNS atau calon pegawai negeri sipil.  Institusi pendidikan ini juga membebaskan biaya kuliah bagi para mahasiswa/taruna/praja didikannya.

Karena benefit-benefit itu pula sejumlah sekolah menjadi rebutan bagi lulusan SMA. Peminatnya membludak dengan tingkat ketetatan sangat tinggi.

BERITA LAINNYA  Dana KJP Plus Juni 2022 Cair di Bank DKI, Siswa Jangan Lakukan hal Ini

Baca juga: 5 IAIN akan Berubah jadi UIN, Mana Saja Nih? 

Sekolah Kedinasan untuk Jurusan IPS

1. Sekolah Kedinasan Politeknik Keuangan Negara STAN

Politeknik Keuangan Negara STAN membuka peluang untuk siswa dari jurusan IPS maupun IPA.

Ada sembilan program studi yang terdapat di dalamnya, yaitu D4 Akuntansi Sektor Publik, Manajemen Keuangan Negara, dan Manajemen Aset Publik.

Ada pula berbagai prodi D3, di antaranya Akuntansi, Pajak, Kepabeanan dan Cukai, Kebendaharaan Negara, Manajemen Aset, dan PBB/Penilai.

 

2. Politeknik Keimigrasian dan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan

Politeknik Keimigrasian (Poltekim) dan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) adalah dua sekolah kedinasan yang menjadi naungan dari Kementerian Hukum dan HAM RI.

BERITA LAINNYA  Kapan Bansos PKH dan BPNT  Cair, Bisa Juni 2022 ? 

Para lulusan Poltekim diarahkan untuk bekerja di lingkungan Direktorat Jenderal Imigrasi dan penempatannya adalah jabatan Analis Keimigrasian.

Kemudian, lulusan Poltekip akan diposisikan di jajaran Ditjen Pemasyarakatan.

Beberapa jurusan yang terdapat di Poltekip Kemenkumham adalah D4 Manajemen Kemasyarakatan, Teknik Pemasyarakatan, dan Bimbingan Pemasyarakatan.

Sementara, di Poltekim terdapat jurusan D4 Hukum Keimigrasian, Administrasi Keimigrasian, Manajemen Teknologi Keimigrasian, serta D3 Keimigrasian.

3. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

Sekolah kedinasan IPDN yang ada di bawah Kementerian Dalam Negeri ini mempunyai beberapa fakultas, yaitu Fakultas Manajemen Pemerintahan, Perlindungan Masyarakat, dan Politik Pemerintahan.

BERITA LAINNYA  Begini Cara Terapkan Meaningful Learning pada Anak Sejak Dini

Di sana terdapat berbagai macam program studi, yaitu D4 Studi Kebijakan Publik, D4 Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat, D4 Politik Indonesia Terapan, Pemerintahan Daerah, Teknologi Rekayasa Ilmu Pemerintahan, Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik, dan Keuangan Publik.

Jangan lupa daftar di tahun depan ya. Siapkan juga fisikmu karena sejumlah sekolah kedinasan juga mensyaratkan tes fisik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.