HEADLINENASIONAL

Profil KSAD Maruli Simanjuntak, Mantu Luhut dan Eks Pengawal Jokowi

370
×

Profil KSAD Maruli Simanjuntak, Mantu Luhut dan Eks Pengawal Jokowi

Share this article
KSAD Maruli Simanjuntak
Pangkostrad Letjen Maruli Simanjuntak (tengah) dilantik sebagai KSAD

MEDIA24.ID, Jakarta- Presiden Joko Widodo mengangkat Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Rabu (29/11/2023).

Menantu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia Kabinet Kerja Luhut Binsar Pandjaitan itu menggantikan Jenderal TNI Agus Subiyanto yang sebelumnya dilantik menjadi Panglima TNI.

Maruli Simanjuntak, lahir pada 27 Februari 1970 di Bandung, Jawa Barat. Ia menghabiskan masa remaja di Kota Kembang itu sampai akhirnya masuk Akademi Militer.

Suami Paulina Pandjaitan ini menuntaskan pendidikan di Akmil pada 1992 dengan spesialisasi dalam bidang infanteri. Selama kariernya di dunia militer, Maruli telah mengemban berbagai posisi dan jabatan strategis.

BERITA LAINNYA  IPB Luncurkan Obat Herbal Asam Urat Berbahan Sidaguri

Selain mahir dan teruji kemampuannya sebagai prajurit komando, Maruli juga berprestasi dalam bidang olah raga, terutama menembak dan bela diri.

Ia beberapa kali tercatat mewakili Indonesia tampil di SEA Games dan berbagai kejuaraan tingkat Asia untuk olah raga Judo. Bahkan perkenalannya dengan Paulina Panjaitan juga terjadi saat Maruli menjadi atlit pada SEA Games tahun 1997 di Jakarta.

Saat itu Paulina menjadi salah satu liaison officer (LO) pada ajang olah raga tingkat Asia Tenggara tersebut. Pernikahannya dengan Paulina yang merupakan putri dari Luhut Binsar Pandjaitan tersebut dikaruniai seorang putri dan seorang putra.

BERITA LAINNYA  Kapan Bansos PKH dan BPNT  Cair, Bisa Juni 2022 ? 

Pada tahun 2002, Maruli menjabat sebagai Komandan Detasemen Tempur (Denpur) Cakra. Kemudian, pada tahun 2005, ia dipercayakan sebagai Perwira Bantuan Madya Operasi Kopassus.

Pada tahun 2008, ia diberi tanggung jawab sebagai Komandan Batalyon (Danyon) 21 Grup 2 Kopassus, dan dalam tahun yang sama, ia menjabat sebagai Komandan Sekolah Komando Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus.

Pada tahun 2010, Maruli meraih promosi jabatan sebagai Wakil Komandan Grup 1 Kopassus, dan selanjutnya, ia menjabat sebagai Komandan Grup 2 Kopassus.

Pada tahun 2014, Maruli menjabat sebagai Asisten Operasi Komandan Jenderal Kopassus, sebelum akhirnya ditunjuk sebagai Komandan Grup A Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres).

BERITA LAINNYA  Kok Bisa Perjalanan Pulang Terasa Lebih Singkat Ketimbang Berangkat?

Setelah mengepalai Grup A Paspampres, kariernya semakin moncer. Antara tahun 2016-2017, ia berhasil menjabat sebagai Komandan Korem 074/Warastratama dan sekaligus Wakil Komandan Paspampres.

Selanjutnya, Maruli menjabat sebagai Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) IV/Diponegoro, dan pada periode 2018 hingga 2020, ia menjabat sebagai Komandan Paspampres.

Setelah menyelesaikan masa tugas sebagai Komandan Paspampres, Maruli ditunjuk sebagai Panglima Kodam (Pangdam) IX/Udayana, dan saat ini, ia menjabat sebagai Pangkostrad sejak 31 Januari 2022.