• June 15, 2022

Reshuffle Kabinet, Eks Panglima TNI dan Ketum PAN Dapat Jatah Menteri

Reshuffle Kabinet, Eks Panglima TNI dan Ketum PAN Dapat Jatah Menteri

Presiden Joko Widodo akhirnya mengumumkan hasil reshuffle Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Rabu, 15 Juni 2022.

Jokowi menunjuk mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Baca juga: Sidang Isbat Awal Zulhijah Digelar 29 Juni 2022

Dengan pelantikan itu, Hadi resmi menggantikan Sofyan Djalil sebagai Menteri ATR/BPN yang telah menduduki jabatan itu sejak 2016 lalu.

Hadi akhirnya kembali ke lingkar pemerintahan setelah sebelumnya ia menyerahkan tongkat komando Panglima TNI kepada Jenderal Andika Perkasa pada 19 November 2021 karena purnatugas.

Pria yang identik dengan kumis tebalnya ini merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1986 dan Sekolah Penerbang TNI Angkatan Udara 1987.

Baca juga: Sidang Isbat Awal Zulhijah Digelar 29 Juni 2022

BERITA LAINNYA  Link Live Streaming Indonesia Vs Yordania Kick Off 12 Juni Dini Hari

Setelah pensiun, Hadi kemudian dipercaya menjadi Komandan Lapangan persiapan Penyelenggaraan MotoGP Mandalika.

Selain Hadi, Jokowi juga menunjuk Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Lutfi.

Zulhas pernah berada dalam kabinet saat pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Presiden SBY menunjuknya sebagai Menteri Kehutanan pada 2009 lalu.

Posisi wakil menteri di kabinet Jokowi juga dikocok ulang. Wakil Menteri ATR/BPN, Surya Tjandra diganti rekannya Sekretaris Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni.

BERITA LAINNYA  Kursi Wakomut BSI Kosong Ditinggal Tuan Guru Bajang

Jokowi juga mengisi posisi kosong wakil menteri dalam Negeri (Wamendagri) dan Wakil Menteri Ketenagakerjaan.

Dua tokoh yang akan mengisi posisi itu yakni Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat John Wempi Watipo yang bergeser menjadi Wamendagri.

Kemudian, Sekjen Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan.

Sebelumnya Jokowi pernah melakukan reshuffle Kabinet Indonesia Jilid 2 pada Desember 2020, setelah dua menterinya terlibat korupsi.

Saat itu, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo serta Menteri Sosial Juliari Peter Batubara tertangkap tangan oleh KPK.

BERITA LAINNYA  Profil Kadiv Propam Irjen Syahardiantono, Pengganti Irjen Ferdy Sambo

Daftar menteri yang diangkat saat perombakan saat itu yakni Tri Risma sebagai Menteri Sosial, Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.

Kemudian Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama, Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan.

Ada juga nama Sandiaga Salahudin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif; serta M Luthfi sebagai Menteri Perdagangan.

Kemudian pada April 2021. Jokowi melantik dua menteri yang menempati kursi kementerian baru, yakni Bahlil Lahadalia yang ditunjuk sebagai Menteri Investasi.

Selain itu ada Nadiem Makarim yang dipercaya dalam reshuffle kabinet menjadi Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek).

 

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.