• July 29, 2022

Pintu Terbuka Lebar untuk Anies dan Ganjar di Pilpres 2024

Pintu Terbuka Lebar untuk Anies dan Ganjar di Pilpres 2024

MEDIA24.ID, JAKARTA – Pintu terbuka lebar bagi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk mengikuti Pilpres 2024.

Keduanya, yang selalu masuk tiga besar survei elektabilitas calon presiden, direkomendasikan Partai NasDem menjadi bakal capres 2024.

Selain Anies dan Ganjar, NasDem, partai politik terbesar kelima di Indonesia ini, juga merekomendasikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menjadi kandidat lainnya.

Ketiga nama itu muncul setelah melalui mekanisme voting, di mana dewan pimpinan wilayah dari 34 provinsi diminta mengajukan tiga hingga lima nama sebagai calon presiden.

Anies keluar lebih dulu setelah mendapat dukungan dari 32 dewan wilayah. Sementara Ganjar tertinggal dengan 29 pengurus wilayah. Adapun Panglima TNI Andika Perkasa didukung oleh 13 DPW.

BERITA LAINNYA  Panas! Cak Imin Sebut Yenny Wahid Bukan PKB: Bikin Partai Sendiri Aja Gagal

“Saya akan membuka hasil rekomendasi Rakernas yang ditujukan kepada saya, memutuskan dan menetapkan rekomendasi bakal calon presiden yang akan diusung Partai Nasdem pada tahun 2024,” kata Surya Paloh kepada wartawan pada Jumat, 17 Juni 2022.

Menanggapi rekomendasi Partai NasDem, Anies Baswedan mengaku merasa terhormat karena masuk dalam tiga nama yang diusulkan. Ia pun respect dengan terobosan Partai NasDem yang memberikan ruang kepada pengurus wilayah untuk mengusulkan nama-nama kandidat yang akan diusung di Pilpres 2024.

“Saya ingin sampaikan respect, karena Partai NasDem pimpinan Pak Surya Paloh telah membuat terobosan baru di mana pengusulan nama-nama untuk kepentingan nasional diberikan kepada pimpinan wilayah, karena wilayah yang mengusulkan nama,” kata Anies di Kuningan City, Jakarta Selatan, Sabtu, 18 Juni 2022.

Namun Anies menegaskan bahwa saat ini dirinya masih memiliki tugas sebagai Gubernur DKI Jakarta hingga Oktober 2022. Ia akan fokus menyelesaikan tugasnya dengan baik.

BERITA LAINNYA  Brantas Abipraya Garap Proyek Percantik TMII

“Amanat dari masyarakat Jakarta adalah amanat utama yang harus saya tunaikan sampai Oktober nanti. Karena itu, saya terus harus fokus di dalam urusan Jakarta,” katanya.

Sementara itu, Ganjar Pranowo menyampaikan terima kasih kepada Partai NasDem yang telah merekomendasikan dirinya sebagai salah satu bakal capres 2024. Namun, Ganjar menegaskan bahwa dirinya merupakan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

“Saya terima kasih sudah mendapatkan kehormatan itu, tapi saya PDI Perjuangan,” kata Ganjar di Sekolah Partai, kawasan Lenteng Agung, Jakarta, Kamis, 16 Juni 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published.