Berita

Pindah warga negara, inilah 9 fasilitas sebagai warga negara singapura

396
×

Pindah warga negara, inilah 9 fasilitas sebagai warga negara singapura

Share this article
ilustrasi pindah wni indonesia ke singapura
ilustrasi pindah wni indonesia ke singapura

MEDIA24.ID : Jakarta, Ramai di berbagai media ribuan warga negara Indonesia (WNI) pengajukan pindah kewarganegaraan ke singapura, Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mengungkapkan ada 3.912 Warga Negara Indonesia (WNI) yang berpindah kewarganegaraan menjadi kewarganegaraan Singapura selama tahun 2019 hingga 2022

Apasih menariknya Pindah WNI ke Singapura ?

Sebagai warga negara Singapura, Anda akan menikmati berbagai fasilitas dan keuntungan. Berikut adalah beberapa fasilitas utama yang biasanya diberikan kepada warga negara Singapura:

  1. Layanan Kesehatan Universal: Warga negara Singapura dapat mengakses sistem kesehatan universal melalui Central Provident Fund (CPF), yang membantu membayar biaya layanan kesehatan di rumah sakit pemerintah dan klinik swasta yang berpartisipasi.
  2. Pendidikan Subsidi: Warga negara Singapura mendapatkan akses ke pendidikan yang terjangkau dan berkualitas. Sekolah negeri dari tingkat dasar hingga menengah atas (Sekolah Menengah Pertama hingga Sekolah Menengah Atas) menawarkan pendidikan gratis atau dengan biaya yang sangat rendah. Selain itu, ada subsidi untuk pendidikan tinggi di universitas dan institusi pendidikan tinggi lainnya.
  3. Harga Rumah Terjangkau: Warga negara Singapura memiliki akses ke program perumahan pemerintah yang membantu mereka membeli rumah dengan harga terjangkau melalui HDB (Housing and Development Board).
  4. Keamanan dan Stabilitas: Singapura dikenal sebagai salah satu negara yang aman dan stabil di dunia, dengan tingkat kejahatan yang rendah dan penegakan hukum yang efektif.
  5. Transportasi Publik yang Efisien: Warga negara Singapura dapat menikmati sistem transportasi publik yang efisien dan terintegrasi, termasuk MRT (Mass Rapid Transit) dan bus.
  6. Kebijakan Sosial: Pemerintah Singapura menyediakan bantuan sosial bagi kelompok masyarakat yang membutuhkan, seperti bantuan tunai untuk warga lanjut usia, tunjangan keluarga, dan program bantuan lainnya.
  7. Kewarganegaraan Ganda: Singapura memperbolehkan warga negaranya untuk memiliki kewarganegaraan ganda, artinya Anda dapat menjadi warga negara Singapura dan mempertahankan kewarganegaraan dari negara lain.
  8. Kehakiman Independen: Singapura memiliki sistem peradilan yang independen dan adil, yang menjamin keamanan hukum dan perlindungan hak asasi manusia.
  9. Akses ke Rekreasi dan Rekreasi: Singapura menawarkan beragam fasilitas rekreasi dan rekreasi untuk dinikmati warganya, termasuk taman, taman hijau, taman hiburan, dan lokasi rekreasi lainnya.
BERITA LAINNYA  King Salman Humanitarian akan bantu rakyat Indonesia malalui BAZNAS di bidang pendidikan

Ingatlah bahwa fasilitas yang diberikan kepada warga negara Singapura dapat berubah dari waktu ke waktu tergantung pada kebijakan pemerintah dan situasi ekonomi negara tersebut.

Bagaimana Legalitas proses Pindah WNI ke Singapura

Dirjen Imigrasi Silmy Karim menyampaikan bahwa alasan mereka pindah kewarganegaraan menjadi kewarganegaan Singapura adalah potensi memperoleh taraf hidup yang lebih sejahtera. Meskipun demikian, ia mengaku tidak mempermasalahkan keputusan para WNI tersebut selama dilakukan secara legal dan sesuai hukum.

“Saya kira sah-sah saja bagi WNI yang pindah kewarganegaraan demi taraf hidup yang lebih baik selama dilakukan secara legal. Mereka yang pindah ini usia-usia produktif, potensial,” ujar Silmy

BERITA LAINNYA  Laptop Lenovo Yoga Terbaru Diluncurkan, ‘Senjata’ Pas untuk Kreator Digital

Kondisi Demografi WN Singapura

Populasi Penduduk Singapura cenderung mengalami pertumbuhan yang stabil. Pada 2021, diperkirakan populasi Singapura berada di sekitar 5,7 hingga 5,8 juta orang.

Multietnis: Singapura adalah masyarakat yang sangat multikultural dengan berbagai kelompok etnis. Beberapa kelompok etnis utama yang signifikan termasuk Tionghoa, Melayu, India, serta kelompok minoritas lainnya.

Usia Penduduk: Seperti banyak negara maju, Singapura juga mengalami perubahan struktur usia penduduk. Jumlah lansia cenderung meningkat, sementara tingkat kelahiran menurun. Ini menyebabkan masyarakat menua dan menimbulkan tantangan sosial dan ekonomi tertentu.

BERITA LAINNYA  Siap-siap, Aespa Gelar Konser di Indonesia Juni 2023, Harga Tiket Berapa?