• June 15, 2022

Permak Nepal 7-0, Indonesia Melaju ke Piala Asia 2023

Permak Nepal 7-0, Indonesia Melaju ke Piala Asia 2023

MEDIA24.ID, JAKARTA- Timnas Indonesia tampil luar biasa saat mengalahkan Nepal dengan 7 gol tanpa balas dalam duel kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Rabu, 15 Juni 2022, dini hari WIB.

Hasil tersebut membuat Indonesia melaju ke Piala Asia setelah absen selama 15 tahun. Menurut catatan, Indonesia telah berpartisipasi di Piala Asia sebanyak 4 kali sebelum lolos untuk tahun 2023.

Baca juga: Sidang Isbat Awal Zulhijah Digelar 29 Juni 2022

Indonesia mampu memimpin 1-0 pada menit ke-6. Bola umpan silang dari Asnawi Mangkualam berhasil disambut dengan sundulan Dimas Drajad. Kiper Nepal, Deep Karki, tak berkutik melihat bola terbang ke gawangnya.

Kebobolan di menit awal Nepal mulai beraksi cepat. Beberapa peluang diciptakan pemain Nepal. Hanya saja Nadeo Argawinata dengan sigap mengamankan bola dari terjangan lawan.

BERITA LAINNYA  Arema FC Tantang Klub Raffi Ahmad Duel di Kanjuruhan

Nepal harus kehilangan satu pemainnya di menit ke-32. Suman Aryal diganjar kartu kuning kedua setelah melanggar Asnawi.

Baca juga: Hampir Pasti, Jokowi Umumkan Reshuffle Kabinet Rabu Pahing Ini

Indonesia menambah keunggulan menjadi 2-0 di menit ke-43 pada pertandingan ketiga grup A kualifikasi Piala Asia 2023 itu. Umpan tarik dari Asnawi disambut gerakan tipuan Dimas agar bola mampu disambar Witan.

Gol selanjutnya tercipta 8 menit setelah babak kedua berjalan. Fachruddin Aryanto melesakkan gol setelah menyambar bola sepak pojok, yang gagal diblok dengan sempurna oleh pemain Nepal.

BERITA LAINNYA  Ingat Gaes! SNBP 2023 Tak Perhitungkan Pelajaran Muatan Lokal

Semenit kemudian, skuad Garuda memperbesar keunggulan menjadi 4-0. Umpan Rafli ke kotak penalti langsung disontek oleh Saddil Ramdani.

Pemain naturalisasi dari Inggris Elkan Baggott tak mau ketinggalan dalam pesta gol itu. Lewat tembakan keras dari luar kotak penalti, Elkan menambah gol untuk membawa Indonesia memimpin 5-0 di menit ke-79.

Semenit berselang, tim Merah Putih kembali menambah selisih gol menjadi 6-0. Ricky Kambuaya memanfaatkan kesalahan pemain Nepal. Ia mengirim bola ke Witan yang berhasil melesakkan gol.

Marselino Ferdinan menutup laga ini untuk membawa Indonesia menang 7-0. Golnya tercipta setelah menyambar umpan tarik dari Rafli di penghujung laga.

BERITA LAINNYA  AS Roma Kalah dari Sporting Lisbon, Skor Akhir 2-3

Usai laga, pelatih Shin Tae-yong menyebut memang mengincar dua kemenangan dalam kualifikasi agar bisa lolos ke Piala Asia 2023.

“Sebelum datang ke Kuwait, ada perencanaan yakni menang dua kali dan sekali imbang. Mengincar hasil imbang melawan Yordania. Rencana saya tinggi,” katanya.

Pelatih asal Korea Selatan itu pun mengungkapkan kunci utamanya yakni kemenangan 2-1 kontra tuan rumah pada laga pertama.

“Ketahuilah ada hal penting yang harus Anda lakukan, pertandingan pertama melawan Kuwait berjalan sangat baik. Saya pikir para pemain melakukan segala hal di lapangan dengan sangat mulus,” ujar Shin Tae-yong.

Leave a Reply

Your email address will not be published.