GAYASEHAT

Penyebab Mata Merah dan Cara Mencegahnya

1312
×

Penyebab Mata Merah dan Cara Mencegahnya

Share this article
mata merah, konjungtivitis
Mata merah adalah kondisi di mana mata mengalami peradangan atau infeksi pada selaput transparan yang melapisi kelopak mata dan menutupi bagian putih mata. FOTO/Lifepack

MEDIA24.ID, JAKARTA – Mata merah kerap dialami oleh banyak orang. Meski terkadang tak terasa sakit tapi mata merah membuat seseorang tidak nyaman dalam menjalankan aktivitas.

Dokter spesialis mata Rumah Sakit Islam (RSI) Banjarnegara, Jawa Tengah, dr Agus Setyawan SpM menjelaskan, mata merah juga dikenal sebagai konjungtivitis.

Baca jugaJadwal Kualifikasi Piala Asia 2023: Timnas Indonesia Vs Kuwait

Ini adalah sebuah kondisi, di mana mata mengalami peradangan atau infeksi pada selaput transparan yang melapisi kelopak mata dan menutupi bagian putih mata.

“Ketika pembuluh darah kecil menjadi meradang, mereka lebih terlihat, menghasilkan kemerahan atau merah muda yang terlihat di mata,” kata dokter yang akrab disapa Wawan ini dikutip dari keterangan tertulisnya, Rabu, 8 Juni 2022.

BERITA LAINNYA  Mengenal Cacar Monyet, Gejala dan Pencegahannya

Gejala mata merah yang paling umum meliputi kemerahan atau bengkak, gatal, iritasi, atau terbakar, grittiness atau robekan berlebihan, kerak pada kelopak mata atau bulu mata, mata merah, serta kepekaan terhadap cahaya atau penglihatan kabur.

Baca jugaLink Live Streaming Duel Seru Jerman Vs Inggris 8 Juni 2022

Wawan meminta gejala tersebut tidak dibiarkan begitu saja tapi harus segera mendapatkan perawatan karena dapat dengan cepat menyebar jika tidak dirawat dengan benar. Jika seseorang yang mengalami mata merah memiliki sistem kekebalan tubuh lemah, maka dapat memperburuk kondisi penglihatannya.

BERITA LAINNYA  Tips Renovasi Teras Gaya Aesthetic dan Contoh Anggarannya

Munculnya mata merah disebabkan beragam penyebab. Misalnya infeksi virus atau bakteri, reaksi alergi, atau kontak dengan bahan iritan seperti asap atau debu.

“Karena dapat menular, diagnosis dan pengobatan dini sangat penting untuk membatasi penyebarannya,” tutur alumnus Universitas Diponegoro Semarang ini.

Baca jugaRupiah Melemah Hadapi Ekspektasi Suku Bunga The Fed

Wawan membocorkan cara mencegah dan melindungi dari konjungtivitis. Antara lain cuci tangan sampai bersih dengan sabun dan air jika terkena mata merah.

“Infeksi dapat masuk ke dalam tubuh melalui hidung dan mulut. Hindari berbagi barang pribadi seperti make up, handuk, obat tetes mata, lensa kontak, dan lain sebagainya,” katanya.

BERITA LAINNYA  Giliran IKAFU Yogyakarta-Kedu Gelar Temu Kangen dan Syawalan, Meriah Nih

Selain juga, Wawan menyarankan agar tidak menyentuh atau menggosok mata. Sebab, hal itu bisa memperburuk kondisi dan dalam beberapa kasus membantu menyebar ke mata yang lain.

Jika mata merah dialami oleh anak, maka hal yang perlu dilakukan adalah menjauhkannya dari sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler sampai mata merahnya benar-benar hilang. Ini dapat membantu mencegah anak menyebarkannya ke seluruh kelas.

“Jika Anda pengguna lensa kontak dan didiagnosis menderita konjungtivitis, Anda harus melakukan langkah-langkah lepaskan lensa kontak dan kenakan kacamata sampai kondisi teratasi. Buang lensa yang dipakai pakai ketika terdiagnosis mata merah. Terakhir bersihkan tempat lensa secara menyeluruh,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *