• December 12, 2022

Mau Jadi Wirausahawan Sukses? Ini 5 Peluang Bisnis Anti Gagal dan Tips Merealisasikannya

Mau Jadi Wirausahawan Sukses? Ini 5 Peluang Bisnis Anti Gagal dan Tips Merealisasikannya

Ribuan ide bisnis tidak akan banyak bermanfaat jika kamu tidak bisa merealisasikannya. Dan untuk merealisasikan ide bisnis dan peluang usaha tersebut, kamu tidak hanya memerlukan tekad dan gagasan, namun juga sumber daya yang lain, seperti modal tenaga maupun rupiah. 

Namun yang perlu diketahui, sebenarnya kamu tidak harus kaya pengalaman bisnis untuk merealisasikan dan mengembangkan ide bisnis juga peluang usaha. Sebab, orang awam juga bisa sukses membangun bisnis, berbekal ketekunan, keberuntungan, dan fokus pada yang dikerjakan.

Nah, jika kamu saat ini masih menjadi karyawan dan bergantung dari gaji orang lain, dengan memanfaatkan ide bisnis dan peluang usaha yang ada, maka kamu akan menjadi wirausaha sukses yang tidak hanya bisa menghidupi diri sendiri namun juga orang lain. 

Inilah 5 peluang bisnis sukses dan tips merealisasikannnya.

Peluang usaha #1: Bisnis kuliner 

Bisnis kuliner menjadi peluang usaha yang tidak ada matinya. Sebab, makan menjadi kebutuhan primer yang tidak bisa ditunda. Setiap orang butuh makan dan semakin banyak orang yang membutuhkan asupan makanan.

Bahkan banyak pebisnis yang mengatakan, bisnis kuliner memiliki margin paling besar dibandingkan bisnis yang lain. Apalagi saat ini dengan berkembangnya aplikasi transportasi online seperti Go-Jek dan Grab, perkembangan dunia kuliner semakin cepat. 

Kamu tidak perlu memiliki toko atau warung di lokasi strategis untuk memulai bisnis kuliner, sebab dengan membuka bisnis di rumah, kamu sudah bisa menjajakannya secara online. Namun, yang perlu kamu perhatikan, dengan semakin ketatnya persaingan bisnis kuliner, maka mutu dan rasa makanan tetap harus menjadi nomer satu.

Dalam usaha kuliner, perpaduan rasa dan inovasi baru bisa menjadi peluang usaha menjanjikan untuk kamu garap. Dengan inovasi rasa dan kekuatan sosial media, maka tidak ada yang tidak mungkin bakal terjadi. Contohnya adalah booming kedai kopi yang saat ini terjadi. Kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk memasarkan kedai kamu. 

BERITA LAINNYA  Pemerintah Usul Penambahan Wilayah Penempatan Pekerja Migran Indonesia di Arab Saudi

Peluang usaha #2 : Bisnis waralaba

Kalau kamu masih ragu dengan ide bisnis dan bingung dengan peluang usaha yang bisa digarap? Maka mencoba berbisnis dengan ikut bergabung dengan waralaba atau menjadi franchisee menjadi cara paling cepat yang bisa kamu lakukan. 

Kamu bisa memulai dengan membeli franchise dengan modal yang tidak begitu besar. Contohnya adalah waralaba minuman yang saat ini sangat menjamur. Dibandingkan dengan waralaba makanan, waralaba jenis minuman lebih murah. Selain itu bahan baku yang dipasok oleh pewaralaba biasanya juga lebih tahan lama, sehingga bisnis kamu lebih menguntungkan. 

Mulailah dengan satu atau dua gerai terlebih dahulu. Setelah terbukti sanggup menjalankannya, maka kamu bisa menembah gerai yang lain sehingga potensi keuntungan yang bisa kamu raup akan lebih besar. Kunci dari bisnis ini adalah memilih lokasi usaha yang tepat. Oleh karena itu jangan lelah untuk riset atau berkeliling mencari peluang usaha yang lain. 

Peluang usaha #3 : Bisnis online

Nah, salah satu peluang bisnis yang saat ini lagi happening adalah bisnis online. Kamu bisa memulai menjual barang dagangan yang kamu miliki dengan cepat dan mudah tanpa harus memiliki toko fisik. 

Kamu bisa memulainya tokomu di e-commerce terkenal Indonesia seperti Bukalapak atau Tokopedia. Bisnis online kini menjadi tren karena memang bisa dilakukan oleh siapapun, di manapun, dan kapanpun asalkan memiliki perangkat untuk terhubung dengan internet.

Peluang usaha #4 : Bisnis jasa laundry

Seperti juga bisnis kuliner, bisnis jasa laundry jika ditekuni akan menghasilkan cuan yang besar. Sebab, saat ini semakin banyak orang malas untuk mencuci baju sendiri. Selain kesibukan yang kian padat, daya beli masyarakat yang kian tinggi membuat banyak orang yang tahunya beres.

BERITA LAINNYA  GOTO Akan Tambah Modal Lewat Private Placement

Tidak hanya jasa cuci baju atau laundry, kamu juga bisa mempertimbangkan peluang usaha jasa cuci sepatu yang saat ini lagi menjamur. Jasa cuci sepatu, walau pasarnya masih terbatas, namun memiliki prospek yang bagus karena sekarang makin banyak anak muda yang memiliki koleksi sepatu dengan harga mahal. 

Kamu bisa memilih lokasi di dekat kampus atau perkantoran yang memiliki banyak tempat kost untuk memulai bisnis laundry ini. 

Peluang usaha #5 : Jasa cuci motor atau mobil

Jumlah kepemilikan kendaraan bermotor yang terus melonjak menjadi peluang usaha baru yang bisa kamu manfaatkan. Selain usaha bengkel kendaraan, kamu juga bisa memulai usaha jasa cuci motor atau mobil.

Lihat saja, saat ini banyak orang rela menanti berjam-jam untuk antrian cuci motor ataupun mobil. Orang bahkan bersedia meninggalkan kendaraannya dan mengambilnya ketika mobil atau motornya telah selesai dicuci. 

Untuk memulai jasa cuci motor atau mobil, kamu perlu menyediakan tempat, pompa air, kompresor, kain lap, sabun motor, dan peralatan semir ban. Mengenai tempat, kamu bisa memulai di daerah perumahaan kamu, jadi tidak memerlukan biaya tambahan untuk sewa lokasi.

Setelah menemukan ide bisnis dan peluang usaha yang bisa dikembangkan, lalu bagaimana merealisasikannya? 

Inilah tips merealisakan ide bisnis dan peluang usaha yang perlu kamu ketahui.

#1. Pilih ide bisnis sesuai dengan kegemaran (h2)

Dengan memilih ide bisnis sesuai dengan kegemaran, maka kamu bisa merasa senang menjalankan bisnis tanpa rasa beban. Sebab, boleh saja kamu awam dalam mengelola bisnis, tetapi kaya pengetahuan dan pengalaman terhadap ide bisnis tersebut.

Contohnya jika kamu hobi menyeruput kopi, dari sana kamu bisa paham cita rasa pelbagai jenis kopi. Kopi seperti apa yang memiliki banyak penggemar sehingga bisa peluang bisnis. Kamu dapat membuka usaha di bidang food & beverage (F&B) kedai kopi alias coffee shop. Berbekal hal tersebut, kamu sudah meminimalisir risiko atas bisnis yang akan dikelola. 

BERITA LAINNYA  Anak Muda Minta Minuman Berpemanis DiKenai Cukai, Apa Sih Bahayanya?

Untuk memulai bisnis kedai kopi, kamu tidak harus memulainya dari awal dengan merek sendiri. Kini banyak tawaran kemitraan, waralaba (franchise) kedai kopi. Tinggal pilih yang sesuai dengan keinginan.

#2. Siapkan modal secukupnya (h2)

Besarnya modal akan menjadi penentu seberapa besar skala usaha yang akan kamu kembangkan. Sebagai contoh, untuk memiliki usaha kedai kopi tipe booth, ada beberapa franchise yang menawarkan harga mulai belasan juta rupiah. Sedangkan untuk tipe resto, biasanya modal yang harus kamu siapkan antara puluhan sampai ratusan juga. 

Jika masalah permodalan menghambat ide bisnis kamu? Jangan lekas putus asa. Kamu bisa bisa memaksimalkan aset kamu sebagai modal. Jaminkan saja kendaraan roda empat milikmu, guna memperoleh modal usaha ke bank, multifinance, atau lembaga lain. Tapi ingat, pilih lembaga resmi yang memperoleh izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Perhatikan juga suku bunga, tenor pengembalian, hingga kemudahan proses pengurusannya.

#3. Pilih lokasi, siapkan manajemen dan tenaga kerja 

Jika waralaba menjadi pilihan, maka urusan manajemen, pelilihan lokasi, dan tenaga kerja, sudah memiliki standard operating procedure (SOP) sendiri. Jadi, sebagai terwaralaba yang awam mengelola bisnis, kamu tidak dipusingkan dalam urusan manajemen bisnis tersebut. 

Namun tentu saja dalam perjalanannya, perhatianmu sebagai pemilik usaha atau dituntut. Jika kamu tidak bisa mengawasi bisnis, maka kamu bisa mempercayakan pengawasannya pada pasangan atau orang kepercayaan kamu.

Yuk berbisnis!

Leave a Reply

Your email address will not be published.