• December 12, 2022

6 Peluang Bisnis Sampingan yang Menguntungkan Bagi Milenial

6 Peluang Bisnis Sampingan yang Menguntungkan Bagi Milenial

MEDIA24-JAKARTA. Zaman sudah berubah, anak zaman now tidak lagi suka bekerja terus di dalam kantor dan hanya menunggu perintah. Apalagi jika mereka hanya mengerjakan administrasi, orang India bilang Nehi. Para milenial kini lebih suka bekerja tak terbatas oleh ruang dan waktu. 

Selain itu, untuk menambah pendapatan, mereka yang sudah bekerja di dalam korporasi besar juga mengerjakan pekerjaan sambilan lain untuk menambah pundi-pundi keuangan. Segala macam pekerjaan dan bisnis sampingan mereka lakukan, asal bisa menjadi pohon duit.

Nah, bagi kamu yang mengaku generasi milenial, kamu perlu tahu peluang-peluang bisnis apa saja yang bisa dijadikan pekerjaan sambilan. Tapi ingat, setiap bisnis tetap membutuhkan modal awal. Dan untuk mendapatkan modal bisnis, kamu bisa mendapatkan dengan berbagai cara. 

Salah satunya adalah dengan meminjam atau mengajukan kredit ke lembaga pembiayaan. Kamu bisa mengajukan kredit multiguna (KMG) senilai puluhan bahkan ratusan juta untuk memulai bisnismu sendiri dengan agunan mobil yang kamu miliki sekarang. 

Setelah modal awal ditangan, kamu juga perlu mengetahui peluang bisnis sampingan apa saja yang bisa menambah pendapatan. Syukur-syukur, bisnis para milenial ini menjadi usaha utama kamu di kemudian hari. 

Inilah peluang bisnis sampingan yang lagi tren untuk para milenial

  1. Buka bisnis cafe and coffee

Bisnis kedai kopi atau cafe sekarang sedang booming dan ini cocok untuk para generasi milenial. Kafe yang dulu hanya tempat makan, kini fungsinya berubah menjadi tempat kongkow bahkan bisa menjadi tempat kerja. Sebab, para milenial lebih suka bekerja ditemani secangkir kopi dan cemilan. 

BERITA LAINNYA  Jakarta Terpilih Jadi Kota Paling Serius Tanggulangi Perubahan Iklim

Meski begitu, persaingan kafe ataupun coffee shop saat ini cukup ketat. Maka kita harus pandai-pandai memilih konsep dan lokasi. Salah satu tips and triknya adalah, buatlah sesuatu yang menarik di mata, istilahnya pandangan pertama menentukan pengunjung mau datang. 

Maka, tampilkan desain yang menarik dan tentu saja menu makanan yang lezat dan unit. Jadi, tidak ada alasan pengunjung tidak mengabadikan kafe tersebut dan membagi atau share di instagram pribadi. Jadi buatlah café kamu instagramable.

  1. Bisnis Fotografi

Jika kamu hobi dengan fotografi, maka bisnis ini cocok untuk para generasi milenial. Tidak memerlukan modal yang terlalu besar, hanya memerlukan kamera dan skill dalam fotografi. 

BERITA LAINNYA  Masalah Industri Sawit dan Tawaran Solusi Koperasi

Bisnis ini cukup prespektif di era media sosial seperti sekarang ini. Apalagi semakin banyak minat orang yang ingin mengabadikan setiap momen secara visual berupa foto yang menakjubkan.

  1. Bisnis Event Organizer

Mungkin kita mengenal Event Organizer (EO) hanya sebagai penyelenggara pesta pernikahan saja.  Nyatanya, sekarang ini cukup banyak orang yang mencari Event Organizer (EO) dari berbagai macam organisasi ataupun bisnis untuk menyelenggarakan event mereka.

Ini sangat cocok untuk generasi milenial yang cenderung aktif, kreatif, memiliki banyak ide cemerlang dan banyak mengikuti organisasi.

  1. Membangun startup digital

Startup menjadi bisnis yang sedang diganderungi para milenial. Mereka berlomba mencari ide untuk menjalankan bisnis yang tak membutuhkan banyak pekerja ini. Bahkan sebagai pemula, bisnis ini juga tak membutuhkan banyak biaya. 

Bisnis ini ada yang bergerak di dunia produksi, pemasaran, ataupun sosial. Jika ditekuni maka startup memiliki peluang bisnis yang menjanjikan. Contohnya sudah nyata, yakni Bukalapak, Gojek, Traveloka, mereka berawal dari startup yang tak banyak dilirik orang.

  1. Bisnis Endorse

Bisnis ini adalah kerjasama antar-pemilik bisnis online dan blogger untuk membantu memasarkan barang yang dijual online shop.  Orang-orang yang bekerja di dunia internet, seperti blogger, vlogger, ataupun youtuber, biasanya memanfaatkan afiliasi untuk mendapatkan uang.

BERITA LAINNYA  Lada Hitam Indonesia Primadona Dunia, Ekspor Kuartal I/2022 Naik Hampir Separuh

Syarat untuk terjun ke bisnis ini adalah kamu harus bisa menciptakan konten digital yang menarik sehingga media sosial kamu akan memiliki banyak followers dan subscriber.

  1. Bisnis Jastip

Milenial kini lebih banyak menghabiskan uang untuk jalan-jalan dan plesiran baik di dalam maupun luar negeri. Nah, selain traveling kamu bisa memanfaatkan waktu jalan-jalan dengan membuka jasa titip atau jastip. 

Kamu bisa menawarkan jasa titip ke follower Instagram kamu dan mengambil margin dari barang-barang yang kamu beli tersebut. Dengan begitu, selain bisa menikmati suasana di tempat baru, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang bisa kamu manfaatkan untuk membiayai perjalanan kamu. 

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.