• June 11, 2022

Manfaat Kapulaga, Obati Gangguan Pencernaan hingga Cegah Bau Mulut

Manfaat Kapulaga, Obati Gangguan Pencernaan hingga Cegah Bau Mulut

MEDIA24.ID, JAKARTA – Kapulaga dikenal sebagai jenis rempah yang digunakan untuk bumbu masakan tertentu dengan cita rasa yang sangat kuat, ternyata bisa menjadi solusi ampuh untuk masalah pencernaan dan bau mulut.

Selain itu, kapulaga juga dijadikan campuran jamu atau obat-obatan herbal tradisional yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat pedesaan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Baca juga6 Manfaat Pijat Shiatsu untuk Kesehatan Kamu

Pemerhati tanaman herbal dr Agus Ujianto Msi Med SpB mengatakan, kapulaga memenuhi empat manfaat yaitu sebagai makanan, minuman, obat-obatan, parfum melalui rasa, dan wewangian.

BERITA LAINNYA  4 Jenis Kerusakan Mata Akibat Diabetes

Kapulaga banyak digunakan sebagai bumbu herbal dan ditambahkan dalam berbagai hidangan manis untuk memberikan aroma dan rasa yang kuat.

“Kapulaga berperan penting untuk menyembuhkan berbagai penyakit, terutama meningkatkan sistem pencernaan. Hal ini sangat bermanfaat dalam meredakan sakit maag, kembung, dan gangguan pencernaan. Kapulaga juga bermanfaat untuk mencegah infeksi lambung serta meningkatkan nafsu makan dan metabolisme,” kata Direktur Rumah Sakit ISlam (RSI) Banjarnegara ini.

Baca jugaCacingan: Penyebab, Gejala, dan Cara Mencegahnya

Menurut Agus, kapulaga memiliki efek menghangatkan tubuh dan membantu meredakan batuk. “Secangkir teh kapulaga panas meredakan sakit kepala yang disebabkan oleh dingin yang ekstrem,” ujarnya.

BERITA LAINNYA  Ini Obat Herbal Atasi Perut Buncit yang Diciptakan Peneliti IPB

Tak hanya itu, beberapa masyarakat juga meyakini kapulaga bisa dijadikan sebagai penyegar untuk mencegah bau mulut. Ini bisa sangat berguna dalam membersihkan tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah ke paru-paru juga.

“Manfaat lainnya penggunaan kapulaga secara teratur, baik untuk ginjal. Bisa juga dijadikan alternatif pengobatan untuk infeksi saluran kemih, yang menghilangkan akumulasi kalsium dan urea di ginjal, bersama dengan racun lainnya,” paparnya.

Untuk mendapatkan protein dan vitamin penting seperti niasin, riboflavin, vitamin A, B dan C, kapulaga juga memenuhi unsur yang dibutuhkan tubuh.

BERITA LAINNYA  3 Fakta Sungai Aare Swiss: Ada Titik dengan Kedalaman 200 M

Demikian informasi tentang Kapulaga yang bisa menjadi solusi untuk masalah pencernaan dan bau mulut, semoga bermanfaat.

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published.