BeritaHEADLINEPENDIDIKANPILIHAN EDITOR

Link Pendaftaran KIP Kuliah 2023 dan Cara Daftar, Dapat Uang Saku-Gratis UKT

252
×

Link Pendaftaran KIP Kuliah 2023 dan Cara Daftar, Dapat Uang Saku-Gratis UKT

Share this article
KIP Kuliah 2023
KIP Kuliah 2023

MEDIA24.ID, JAKARTA- Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar atau KIP Kuliah 2023  dibuka hingga 31 Oktober mendatang. Link pendaftaran KIP Kuliah 2023 dapat diakses dengan membuka laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Manfaat KIP Kuliah Merdeka 2023 yang utama adalah jaminan biaya pendidikan yang dibayarkan langsung ke Perguruan tinggi berdasarkan Akreditasi Program Studi (Prodi).  Selain itu, bantuan biaya hidup juga akan diberikan bagi mahasiswa penerima yang terpilih. 

Bantuan biaya hidup tersebut sepenuhnya merupakan hak mahasiswa sehingga ditransfer langsung ke rekening mahasiswa penerima. Pada 2023, bantuan biaya hidup yang diberikan pada mahasiswa terpilih diberikan dalam 5 klaster besaran berdasarkan wilayah

Besarannya yaitu Rp 800.000, Rp 950.000, Rp 1.100.000, Rp 1.250.000, dan Rp 1.400.000 per bulan yang didasarkan pada hasil Survei Besaran Biaya Hidup dan Survei Sosial Ekonomi Nasional oleh Badan Pusat Statistik.

BERITA LAINNYA  Pindah warga negara, inilah 9 fasilitas sebagai warga negara singapura

“Harapannya, KIP Kuliah Merdeka makin berperan dalam memberikan kesempatan bagi mahasiswa dari keluarga miskin atau rentan miskin yang berprestasi dari seluruh Indonesia untuk dapat kuliah pada berbagai program studi unggulan di kampuskampus terbaik di seluruh Indonesia,” ujar Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti.

Sebelum mendaftar, siapkan data NIK, Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan alamat email yang valid dan aktif.

Link Pendaftaran KIP Kuliah 2023

Link pendaftaran KIP Kuliah 2023 dibuka di situs Sistem KIP Kuliah yakni https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/. Sebelum melakukan pendaftaran, pendaftar wajib membuat akun terlebih dahulu.

BERITA LAINNYA  Bank Jago Suntik Rp500 M ke Leasing Ini, Duitnya Buat Apa?

Cara Mendaftar KIP Kuliah 2023

Menurut Panduan KIP Kuliah Merdeka, berikut cara membuat akun KIP Kuliah 2023:

  1. Buka laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id
  2. Pilih ‘Login siswa’ di bagian kanan atas
  3. Jika sudah pernah punya akun, langsung masukkan nomor pendaftaran dan kode akses
  4. Jika belum punya akun, pilih ‘Daftar baru’
  5. Isilah Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan alamat email yang aktif dengan benar.
  6. Jika NIK, NISN dan NPSN tidak terbaca oleh sistem KIP Kuliah, hubungi operator DAPODIK/EMIS di sekolah masing-masing untuk perbaikan sumber data secara mandiri oleh operator di http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/. Siswa lulusan dapat mengajukan perbaikan di laman https://pd.data.kemdikbud.go.id/verval-lulusan.
  7. Setelah proses selesai, calon mahasiswa akan menerima nomor pendaftaran dan kode akses yang dikirim melalui alamat email.
  8. Kembali login di https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id dan selesaikan proses pendaftaran sesuai jalur seleksi yang dipilih.
BERITA LAINNYA  Tanggal Merah Juni 2023, Ada Cuti Bersama di Awal Bulan

Jika kamu kesulitan mengakses link pendaftaran KIP Kuliah 2023 dapat mengirimkan email pengaduan dengan alamat pengaduan@kemdikbud.go.id. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan media sosial resmi KIP Kuliah Merdeka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *