NASIONAL

KJP Bulan April Dapat Dicairkan Saat Lebaran?

542
×

KJP Bulan April Dapat Dicairkan Saat Lebaran?

Share this article
kjp plus
KJP Plus

Kartu Jakarta Pintar adalah kartu yang dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai sarana pembayaran elektronik yang dapat digunakan untuk membayar berbagai layanan publik di Jakarta. KJP ini awalnya diperuntukkan bagi siswa dan guru sebagai sarana pembayaran biaya sekolah, tetapi kemudian diperluas penggunaannya untuk membayar layanan publik lainnya seperti transportasi umum, parkir, dan pembelian barang di beberapa toko yang bekerja sama dengan pemerintah.

Kartu Jakarta Pintar berbentuk kartu elektronik dengan chip NFC (Near Field Communication) yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi dengan cara menyentuhkan kartu ke mesin pembaca yang tersedia di lokasi-lokasi layanan publik. Untuk menggunakannya, pengguna harus melakukan registrasi dan mengisi saldo pada kartu tersebut.

Salah satu keuntungan dari Kartu Jakarta Pintar adalah kemudahan dalam melakukan transaksi dan menghindari kehilangan uang tunai saat membayar layanan publik. Selain itu, pengguna juga dapat memantau saldo dan riwayat transaksi melalui aplikasi Jakarta Pintar yang dapat diunduh secara gratis.

Bagaimana cara mecairkan KJP di bulan April saat lebaran?

Untuk mencairkan saldo yang ada pada Kartu Jakarta Pintar, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan, yaitu:

  1. Pastikan saldo kartu Anda mencukupi untuk ditarik tunai. Jika saldo kurang dari jumlah minimal penarikan tunai, maka penarikan tidak bisa dilakukan.
  2. Kunjungi kantor Bank DKI atau ATM Bank DKI yang menyediakan layanan penarikan tunai menggunakan Kartu Jakarta Pintar. Lokasi kantor Bank DKI atau ATM Bank DKI dapat dilihat di situs resmi Jakarta Pintar.
  3. Tempelkan kartu Jakarta Pintar pada mesin ATM yang tersedia, lalu pilih menu penarikan tunai.
  4. Masukkan nominal yang ingin Anda tarik. Biasanya, nominal penarikan tunai terbatas sesuai dengan kebijakan yang berlaku pada masing-masing bank atau ATM yang bekerja sama dengan Kartu Jakarta Pintar.
  5. Masukkan PIN kartu Jakarta Pintar Anda, lalu tekan tombol “OK”.
  6. Tunggu hingga mesin ATM mengeluarkan uang tunai yang sesuai dengan nominal penarikan.
  7. Ambil uang tunai yang keluar dari mesin ATM, dan pastikan bahwa jumlah yang ditarik sesuai dengan nominal yang diminta.
BERITA LAINNYA  Pesan Khusus Megawati pada Ganjar Pranowo: Jangan Lupa Mampir ke PPP

Dalam melakukan penarikan tunai dengan Kartu Jakarta Pintar, biasanya dikenakan biaya administrasi yang bervariasi tergantung pada bank atau ATM yang bekerja sama dengan Kartu Jakarta Pintar. Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa biaya yang dikenakan sebelum melakukan penarikan tunai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *