• August 18, 2022

Kisah Perjuangan Mahasiswa Papua Barat Tembus UI Jalur SNMPTN

Kisah Perjuangan Mahasiswa Papua Barat Tembus UI Jalur SNMPTN

MEDIA24.ID, JAKARTA- Tinggal di Indonesia bagian timur tak menjadi penghalang bagi seorang mahasiswa dari Papua Barat berhasil masuk salah satu perguruan tinggi terbaik, Universitas Indonesia melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Mahasiswa dari Kota Manokwari, Papua Barat, Demos Yovano Mansayori Karubaba, menyatakan rasa bangganya karena diterima menjadi mahasiswa jurusan Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UI.

Baca juga: Info Loker di Bekasi Lulusan SMK Tahun 2022, Buruan Daftar

Baca juga: Membanggakan BAZNAS Raih Award dari Majalah SWA

Demos pun menceritakan kisahnya berjuang melewati dua tahun pandemi COVID-19 saat pembelajaran dilakukan secara daring. Tinggal di wilayah dengan infrastruktur internet tak sebaik di Pulau Jawa, Demos mengaku proses belajarnya  sangat tergantung pada cuaca.

Hanya pada cuaca cerah saja, ia dan teman-temannya bisa mendapatkan akses internet yang lancar. Mimpi buruk bagi para siswa di Manokwari pun tiba kalau cuaca tidak bersahabat, pembelajaran di sekolah jadi terhambat.

BERITA LAINNYA  Aturan Baru Pemerintah, Nama Harus 2 Suku Kata 

Meski begitu, semangat juang Demos tidak redup. Kondisi itu tidak dihadapinya dengan kekecewaan.  Ia aktif belajar dan mengikuti berbagai lomba hingga masuk dalam daftar siswa eligible yang berhak mengikuti SNMPTN.

“Jarang orang Papua masuk di universitas, apalagi universitas nomor satu di Indonesia. Ini merupakan tantangan bagi saya untuk membuktikan bahwa orang Papua juga bisa berkuliah di UI. Puji Tuhan, berkat usaha dan kerja keras, saya diterima di UI,” ujarnya pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Rotunda UI pada Rabu, 17 Agustus 2022 seperti dikutip dari keterangan tertulis UI.

BERITA LAINNYA  Kapan Bansos PKH dan BPNT  Cair, Bisa Juni 2022 ? 

Ia melanjutkan, “Melalui kesempatan ini, ke depannya saya berharap bisa menjadi orang Papua yang mewakili Indonesia untuk memperkenalkan budaya Papua maupun Indonesia di kancah internasional, serta mampu menyejahterakan warga Papua agar kita tidak lagi dipandang sebelah mata.”

Kepedulian UI pada perluasan akses dan peningkatan kualitas pendidikan juga ditunjukkan melalui penghargaan kepada para dosen berprestasi di tingkat UI tahun 2022.

Penghargaan tersebut diberikan kepada Dr. dr. Rina Agustina dari unit kerja Fakultas Kedokteran sebagai Dosen Berprestasi Kategori Rumpun Ilmu Kesehatan; Dr. M. Sahlan, S.Si., M.Eng. dari unit kerja Fakultas Teknik sebagai Dosen Berprestasi Kategori Rumpun Sains dan Teknologi; serta Desi Adhariani, S.E., M.Si., Ph.D. dari unit kerja Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebagai Dosen Berprestasi Kategori Rumpun Sosial dan Humaniora.

Leave a Reply

Your email address will not be published.