• August 6, 2022

KDEI Taipei Resmikan Shelter Taichung, Perluas Perlindungan untuk PMI

KDEI Taipei Resmikan Shelter Taichung, Perluas Perlindungan untuk PMI

MEDIA24.ID, JAKARTA- Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taipei terus mengupayakan perluasan jangkauan perlindungan terhadap WNI/PMI (Pekerja Migran Indonesia) di Taiwan. Salah satu upaya yang dilakukan dengan meresmikan Shelter Taichung.

“Saat ini KDEI Taipei memiliki 6 shelter, yaitu 4 shelter diperuntukkan untuk PMI bermasalah (PMIB), sedangkan 2 lainnya untuk WNI Overstayer (WNIO) yang akan pulang secara mandiri ke Indonesia,” ujar Kepala KDEI Taipei, Budi Santoso, dalam keterangan tertulis, Sabtu, 6 Agustus 2022.

Baca juga: Permudah WNI/ PMI Urus Paspor, KDEI Taipei Buka Layanan Keliling

BERITA LAINNYA  Irjen Ferdy Sambo Tersangka! Ini Kronologi Kasus dan Profilnya

Lebih lanjut Budi Santoso menjelaskan, shelter bagi PMIB terdapat di Taoyuan, Chungli, Kaohsiung, dan Taichung yang merupakan daerah basis PMI di Taiwan. Keempat shelter ini rata-rata pertahun menampung 250 orang.

Saat ini, jumlah PMI di Taiwan mencapai sekitar 240.000 orang yang tersebar di seluruh Taiwan.

“Kami berharap shelter PMIB ini dapat dipergunakan semaksimal mungkin untuk membantu PMI yang sedang mengalami permasalahan berat. Namun di sisi lain, kami berharap agar PMI yang mengalami permasalahan berat dapat menurun jumlahnya,” ujarnya.

BERITA LAINNYA  Mustasyar PBNU KH Dimyati Rois Wafat

Menurut Budi Santoso, shelter ibarat klinik atau tempat berobat. Apabila ada PMI bermasalah, maka perlu ke klinik untuk berobat. “Kalau sudah sembuh atau selesai masalahnya, maka PMI harus kembali ke majikan,” tandasnya.

Kepala KDEI Taipei menambahkan, shelter Taichung yang diresmikan tersebut, merupakan relokasi dari shelter yang telah ada sebelumnya di Taichung.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih atas bantuan dan dukungan otoritas Taiwan.

Peresmian ini turut dihadiri oleh Depnaker Taichung, Kepolisian Taichung, dan Imigrasi Taichung.

“Di wilayah Taichung saat ini ada sekitar 30.000 PMI. Kami sangat terbantu dengan keberadaan Shelter Taichung,” ujar Kepala Sekretaris Depnaker Taichung, Lai Yuan Ju, di lokasi.

BERITA LAINNYA  Bersih-bersih Divpropam Polri Buntut Kasus Brigadir J

Selain itu, turut hadir perwakilan organisasi PMI dan sejumlah PMI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.