• June 17, 2022

Kapan Bansos PKH dan BPNT  Cair, Bisa Juni 2022 ? 

Kapan Bansos PKH dan BPNT  Cair, Bisa Juni 2022 ? 

MEDIA24.ID JAKARTA – Masyarakat menanti-nanti bantuan sosial PKH dan BPNT atau Program Keluarga Harapan dan Bantuan Pangan Non Tunai, kapan cair. Kabarnya, PKH dan BPNT cair pada Juni 2022, benarkah?

Bansos PKH diberikan pada Keluarga Miskin (KM) yang dilakukan sebagai salah satu upaya percepatan penanggulangan kemiskinan kronis. Bantuan ini sudah diberikan sejak 2007.

Baca juga: Dana KJP Plus Juni 2022 Cair di Bank DKI, Siswa Jangan Lakukan hal Ini

Baca juga: Kaum Dhuafa Indonesia Peroleh Kiriman Kurma dari Arab Saudi, Alhamdullilah

Sedangkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) adalah bantuan sosial pangan dalam bentuk non tunai setiap bulan dengan mekanisme akun elektronik. Dana bantuan ini hanya digunakan membeli bahan pangan di pedagang bahan pangan/e-warong yang bekerjasama dengan bank.

Hingga Juni 2022, masyarakat masih bertanya-tanya kapan PKH dan BPNT yang ditunggu-tunggu cair.

Para penerima manfaat PKH dan BPNT akan medapatkan bantuan hingga Rp3 juta, mereka adalah warga miskin dan tidak mampu.  Bantuan BPNT cair setiap bulan pada 2022 dari Januari hingga Desember mendatang sebesar Rp200.000 per bulan.

BERITA LAINNYA  Hasil Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 33 Kapan Diumumkan? 

Bansos PKH dijadwalkan masih dicairkan mulai tanggal 1 hingga akhir Juni 2022 yang masih masuk penyaluran tahap 2 terakhir, sebelum nantinya dilanjutkan ke tahap 3 di bulan Juli 2022.

Bansos PKH memiliki besaran yang bervariasi berdasarkan kategori penerima. Berikut ini 7 kategori yang akan menerima bantuan PKH.

– Anak usia dini 0-6 tahun menerima Rp3.000.000 per tahun.

– SD menerima Rp900.000 per tahun.

– SMP menerima Rp1.500.000 per tahun.

– SMA menerima Rp2 juta per tahun.

– Penyandang disabilitas menerima Rp2.400.000 per tahun.

– Lanjut usia atau lansia menerima Rp2.400.000 per tahun.

– Ibu hamil/melahirkan menerima Rp3.000.000 per tahun.

Berikut cara cek nama penerima BPNT dan PKH Juni 2022 bisa dilakukan lewat situs cekbansos.kemensos.go.id.

  1. Akses link cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Masukkan wilayah penerima manfaat, mulai dari provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa.
  3. Tuliskan nama lengkap penerima manfaat sesuai yang tertera pada KTP.
  4. Masukkan 8 huruf kode unik yang dipisahkan spasi pada kotak yang muncul di layar.
  5. Klik ‘Cari Data’.

Situs Cek Bansos Kemensos akan menampilkan hasil dari pencarian data. Jika data termasuk sebagai penerima manfaat BPNT dan PKH Juni 2022, maka rincian penerima akan muncul di layar. Identitas seperti nama dan NIK KTP, serta jenis bansos dan status penyalurannya akan dimunculkan di layar.

BERITA LAINNYA  Indonesia – Turki Sepakat Kembangkan Kerjasama Militer

Selain PKH dan BPNT yang ditunggu cair pada Juni 2022 ini masih ada beberapa bansos dari pemerintah untuk warga tidak mampu.

Ini rincian bansos yang akan cair pada bulan ini:

  • BSU atau Bantuan Subsidi Upah
  • BSU atau BLT gaji diberikan kepada 8,8 juta pekerja masing-masing Rp1 juta. Pekerja yang berhak menerima dengan syarat gaji perbulan di bawah Rp3,5 juta.
  • BLT Minyak Goreng cair pada Juni 2022. Dua terget kelompok yaitu kelompok yang terdaftar BPNT dan PKH. Besaran dana bantuan BLT Minyak Goreng adalah Rp300.000.
  • BLT UMKM sebesar Rp 600.000 berlanjut di tahun ini. Pencairan BLT UMKM, direncanakan akan disalurkan kepada 12,8 juta pelaku usaha mikro di seluruh wilayah Indonesia. Pencairan yang tertunda pada bulan sebelumnya akan dilakukan pada bulan Juni 2022.
  • Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BT-PKLW) yang menyasar ke 2,5 juta PKLW, utamanya usaha makanan. Bantuan yang diberikan sebesar Rp 300 ribu, untuk tiap penerima manfaat dan akan disalurkan sekaligus sejak bulan April 2022 oleh TNI/Polri.
  • Kartu Prakerja dengan anggaran pada 2022 mencapai Rp 11 triliun. Anggaran itu merupakan 4,3% dari dana bantuan sosial dalam APBN 2022 yang totalnya mencapai Rp 252,3 triliun.
BERITA LAINNYA  Fatwa MUI: Hewan Terpapar PMK Kategori Ringan Sah Dikurbankan

Jokowi Bagikan

Presiden Jokowi pada Jumat 17 Juni 2022 menyerahkan sejumlah bantuan sosial bagi penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) dan para pedagang.

“Ini isinya Rp1,2 (juta), buat uang minyak goreng Rp300 ribu, cukup enggak?” tanya Presiden kepada warga penerima manfaat di Kabupaten Serang, Banten.

Bantuan sebesar Rp1,2 juta yang diberikan Presiden merupakan Bantuan Modal Kerja (BMK) bagi para penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH). Presiden berharap bantuan tersebut bisa digunakan dengan sebaik-baiknya sebagai tambahan modal usaha.

“Ini 1,2 juta sebaiknya dipakai tambahan modal usaha, atau yang Rp300 ribu untuk beli sembako utamanya minyak goreng,” tutur Presiden.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.