• August 25, 2022

Jenderal Bintang Dua Ini Jemput Ferdy Sambo, Seperti Apa Sosoknya?

Jenderal Bintang Dua Ini Jemput Ferdy Sambo, Seperti Apa Sosoknya?

MEDIA24.ID, JAKARTA- Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengungkap sosok yang menjemput eks Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Mabes Polri, Irjen Ferdy Sambo untuk dikurung di Mako Brimob, Depok, Jawa Barat.

Jenderal Sigit menyebut penjemputan tersebut setelah Bharada Richard Eliezer (RE) mengubah kesaksiannya. Perubahan tersebut setelah janji Irjen Ferdy Sambo untuk penghentian kasus SP3 penembakan mati Brigadir Yosua Hutabarat atau Brigadir J tak bisa terpenuhi. Seperti diketahui, RE akhirnya ditetapkan sebagai tersangka.

Baca juga: Tarif Ojol Jabodetabek Naik! Ini Rincian Biayanya

Baca juga: Kembalian belanja di Alfamart kini dapat disedekahkan ke BAZNAS

“Tapi ternyata faktanya Richard tetap menjadi tersangka sehingga atas dasar tersebut Richard menyampaikan akan mengatakan atau memberikan keterangan secara jujur dan terbuka,” ujar Sigit saat rapat dengar pendapat dengan Komisi 3 DPR RI, Rabu, 24 Agustus 2022.

Berdasarkan perubahan pengakuan Bharada RE itu, salah satu anggota Timsus yakni Kadiv Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Polri Irjen (Pol) Slamet Uliandi diminta menjemput Ferdy Sambo.

BERITA LAINNYA  Menteri Erick Thohir: IMF Nilai Indonesia Masih Jauh dari Krisis

“Berangkat dari keterangan Saudara Richard kami meminta salah satu anggota timsus pada saat itu Kadiv TIK untuk menjemput saudara FS,” ujar Jenderal Sigit.

Menurut Jenderal Sigit, usai dijemput ternyata Sambo belum mengakui dan masih bertahan dengan keterangan awal bahwa ada insiden tembak-menembak yang menyebabkan Brigadir J tewas. Sambo kemudian dipatsuskan di Mako Brimob untuk pemeriksaan lanjutan.

Akhirnya Bharada RE menuliskan keterangannya tentang apa yang dia ketahui terkait kasus itu pada 6 Agustus lalu. Ia mengaku diperintahkan Sambo menembak Brigadir J.

BERITA LAINNYA  Singapore Open 2022: Indonesia Borong Tiga Gelar Juara

Sosok Jenderal Penjemput Ferdy Sambo

Lalu seperti apa sosok Irjen (Pol) Slamet Uliandi yang diinstruksikan menjemput Ferdy Sambo? Irjen Slamet lulus dari Akademi Kepolisian pada 1994. Artinya, pati ini seangkatan dengan Ferdy Sambo saat di akademi.

Lahir di Jakarta 15 Juli 1971, Irjen Slamet malang melintang di bidang reserse. Sebelum berada di pucuk pimpinan Divisi TIK sejak Juli 2021 lalu, ia merupakan Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri.

Slamet juga dikenal sebagai konseptor SuperApps Presisi, aplikasi yang menggabungkan fitur-fitur pelayanan fundamental Polri seperti pelayanan SIM, SKCK, dan STNK online.

Selain itu, sosok yang akrab disapa Kapten Jack ini terkenal juga punya kekuatan fisik yang prima. Pada 2020 lalu, ia memimpin tim Bareskrim Polri mencapai garis finis pada lomba triatlon kelas dunia Ironman yang digelar di kota Taupo, Selandia Baru.

BERITA LAINNYA  Ini Aturan Lengkap Sistem Zonasi PPDB 2022, Simak Ya

Irjen Slamet menggembleng 6 anggotanya selama satu tahun dengan keras. “Kami berjumlah tujuh orang. Semboyan kami, Nothing is impossible become an Ironman,” ujarnya.

“Latihan fisik dan mental sampai push to the limit, atau dengan kata lain secara optimal dalam beberapa waktu lamanya akan menjadi kebiasaan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published.