• June 22, 2022

Jangan Sepelekan Kurang Tidur, Ini Efek yang Bisa Ditimbulkan

Jangan Sepelekan Kurang Tidur, Ini Efek yang Bisa Ditimbulkan

MEDIA24.ID, JAKARTA – Kurang tidur bisa menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan tubuh, sebab, pada dasarnya tidur merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi, layaknya makan, simak pembahasan kami tentang efek kurang tidur.

Kurang tidur bisa disebabkan oleh beragam faktor. Antara lain insomnia, begadang, stres, terlalu banyak makan sebelum tidur, dan mengonsumsi kafein atau lainnya.

Baca jugaPujian Jokowi untuk Megawati: Aura Kecantikannya Tidak Pernah Pudar

“Beberapa orang menderita insomnia karena kebiasaan buruk seperti minum kafein dan alkohol. Mereka secara umum kesulitan tidur. Kualitas tidur yang buruk seringkali merupakan efek samping,” kata dr Minachun Syania Rachmadiana dikutip dari keterangan tertulis, Rabu, 22 Juni 2022.

BERITA LAINNYA  5 Manfaat Olahraga saat Menstruasi, Silakan Cek Ladies

Menurut dokter yang sehari-hari praktik di Rumah Sakit Islam (RSI) Banjarnegara, Jawa Tengah ini, efek kurang tidur berbahaya untuk tubuh. Di antaranya bisa menyebabkan sakit kepala dan gangguan pencernaan.

Kurang tidur yang berkepanjangan juga bisa menyebabkan penderita mengalami depresi, bahkan halusinasi saat mereka berjuang dengan efeknya.

Baca jugaTata Cara Wudhu yang Benar Sesuai Sunnah dan Doanya

“Jika Anda mengalami kurang tidur secara teratur biasanya akan merasakan sakit kepala, kulit kusam dan pucat, serta mudah marah,” kata Minachun.

BERITA LAINNYA  Mengenal Obat Paracetamol, Cara Pakai dan Kegunaannya

Kurang tidur juga menyebabkan penderitanya tidak berpikir kritis, penglihatan yang buruk, dan memiliki masalah perut karena pencernaan melambat serta fungsi dasar terganggu.

Efek kurang tidur adalah mengantuk. Kondisi ini bisa berakibat fatal yakni mengalami kecelakaan lalu lintas.

Baca jugaKemenangan Gustavo Petro di Kolombia, Presiden Kiri di Amerika Latin Bisakah Mengimbangi Amerika?

Banyak kecelakaan yang dilaporkan terjadi karena pengemudi tertidur di belakang kemudi atau respons mereka terganggu sehingga mereka tidak dapat bereaksi dengan cepat dalam situasi berbahaya.

Lalu, apa yang harus dilakukan jika Anda kurang tidur? Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi penyebab masalah.

BERITA LAINNYA  Cara Kerja Aromaterapi Mampu Berikan Efek Tenang di Jiwa

“Cari masalahnya terlebih dahulu agar dapat mengesampingkan masalah kesehatan apa pun yang mungkin mendasarinya, kemudian Anda dapat mulai mengatasi penyebabnya,” kata alumnus Fakultas Kedokteran Unissula ini.

“Konsultasikan dengan dokter terdekat agar bisa berdiskusi dan mencari solusi bersama,” katanya.

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published.