HEADLINENASIONAL

Indonesia – Turki Sepakat Kembangkan Kerjasama Militer

1200
×

Indonesia – Turki Sepakat Kembangkan Kerjasama Militer

Share this article
Indonesia dan Turki sepakat mengembangkan kerja ama militer dalam bidang pendidikan, pelatihan dan intelijen.
Indonesia dan Turki sepakat mengembangkan kerja ama militer dalam bidang pendidikan, pelatihan dan intelijen.

MEDIA24.ID, JAKARTA – Indonesia dan Turki sepakat mengembangkan kerja sama militer dalam bidang pendidikan, pelatihan dan intelijen.

Kerja sama ini disepakati setelah Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Dudung Abdurachman bertemu dengan Kepala Staf Angkatan Darat Turki Jenderal Musa Avsever di Markas Besar Angkatan Darat Turki pada Jumat, (23/9/2022).

Pertemuan dua kepala staf tersebut membahas  kerja sama militer antara TNI AD dengan Angkatan Darat Turki dalam bidang pendidikan, latihan, dan intelijen.

Pertemuan juga membahas upaya-upaya kerja sama dalam pengembangan teknologi dan sistem Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) seperti kendaraan tempur dan drone.

Kedua Kepala Staf Angkatan Darat berharap dapat meningkatkan kerja sama militer Angkatan Darat kedua negara untuk semakin produktif dan berkembang.

Jenderal Dudung beserta rombongan berkesempatan melakukan ziarah ke Makam Mustafa Kemal Ataturk, tokoh yang terkenal sebagai Bapak Bangsa di negara yang berada di lintas benua antara Asia dan Eropa tersebut.

Berikut beberapa kerjasama indonesia turki

Indonesia dan Turkiye memiliki hubungan yang baik dan erat dalam berbagai bidang, termasuk dalam ekonomi, budaya, pendidikan, dan diplomasi. Beberapa bentuk kerjasama yang telah terjalin antara Indonesia dan Turkiye antara lain:

  • Ekonomi: Indonesia dan Turkiye telah melakukan berbagai kerjasama ekonomi, seperti peningkatan perdagangan dan investasi bilateral. Pada tahun 2019, nilai perdagangan bilateral antara Indonesia dan Turkiye mencapai USD 1,52 miliar.
  • Pendidikan: Turkiye menyediakan beasiswa bagi mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan studi di Turkiye, dan beberapa universitas Indonesia juga telah menjalin kerjasama dengan universitas di Turkiye untuk pertukaran pelajar dan penelitian.
  • Budaya: Indonesia dan Turkiye juga melakukan kerjasama dalam bidang budaya, seperti pertukaran seniman, film, dan musik. Pada tahun 2019, Indonesia menjadi negara tamu kehormatan dalam Festival Seni dan Budaya Internasional Turkiye.
  • Diplomasi: Indonesia dan Turkiye juga bekerja sama dalam diplomasi internasional, terutama dalam hal konflik di Timur Tengah. Indonesia dan Turkiye memiliki pandangan yang sama dalam hal penyelesaian konflik di Palestina, Suriah, dan Yaman.
    Dengan kerjasama yang terus meningkat, diharapkan Indonesia dan Turkiye dapat memperkuat hubungan bilateral mereka dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi kedua negara dan masyarakat mereka.

Tentang Turki

Turkiye adalah sebuah negara di Asia Barat yang memiliki budaya yang kaya dan sejarah yang panjang. Turkiye memiliki posisi strategis yang penting sebagai jembatan antara Eropa dan Asia, serta sebagai titik transit bagi banyak orang yang melakukan perjalanan antara Timur Tengah, Eropa dan Asia.

Turkiye adalah sebuah negara republik dengan sistem pemerintahan presidensial dan memiliki populasi sekitar 84 juta orang. Bahasa resmi Turkiye adalah Bahasa Turki dan mayoritas penduduknya adalah Muslim Sunni. Turkiye memiliki ekonomi yang kuat dan beragam, serta industri pariwisata yang berkembang pesat.

Kota Istanbul, yang terletak di Turkiye, adalah salah satu kota paling bersejarah di dunia. Kota ini dulu merupakan ibu kota kekaisaran Byzantium dan Ottoman, dan memiliki banyak situs sejarah seperti Masjid Hagia Sophia, Istana Topkapi, dan Basilica Cistern.

Turkiye juga terkenal dengan masakan khasnya yang lezat seperti kebab, baklava, dan dolma. Selain itu, Turkiye juga memiliki tradisi seni dan musik yang kaya, dengan alat musik khas seperti oud, saz, dan darbuka.

Namun, Turkiye juga menghadapi beberapa masalah politik dan sosial, termasuk konflik dengan kelompok militan Kurdi dan situasi politik yang tidak stabil di daerah Suriah dan Irak yang berbatasan dengan Turkiye.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *