Berita

Ikut Parade Tall Ship Race Norwegia, KRI Bima Suci Jadi Kapal Terbaik 

207
×

Ikut Parade Tall Ship Race Norwegia, KRI Bima Suci Jadi Kapal Terbaik 

Share this article
KRI Bima Suci
KRI Bima Suci dalam sebuah parade (Dispen TNI AL)

MEDIA24.ID, JAKARTA– KRI Bima Suci terpilih sebagai kapal terbaik dalam perhelatan event kapal layar bergengsi internasional Tall Ship Race 2023 di Dermaga Toldbodbrygga, Fredrikstad, Norwegia pada Minggu (16/7/2023). 

Penghargaan “The Best Dressed Ship” merupakan tropi keenam yang berhasil diraih kapal layar latih tiang tinggi kebanggaan TNI Angkatan Laut (TNI AL) itu.

Pemberian tropi diberikan langsung oleh Wali Kota Fredrikstad, Siri Martinsen yang bertindak sebagai tuan rumah pada perhelatan bergengsi tersebut.

Sebelumnya KRI Bima Suci menerima 1 tropi Spectacular Arrival di Inggris dan 4 tropi lainnya seperti The Most Spectacular Arrival, Vesel Farthest From Home Port, The Best Crew Parade serta Runner Up Sport Activity di Belanda pada beberapa waktu silam. 

Baca juga: Nekad Banget! Kisah Eks Bupati Batang Tolak Acara Presiden Jokowi 

Baca juga: Project S TikTok UMKM Punya Ancaman dan Peluang, Begini Analisis Pakar Unair  

BERITA LAINNYA  Serangan Hacker China Volt Typhoon, Bagaimana Cara Menghindari Menurut Pakar Siber?

Kedatangan KRI Bima Suci ini setelah menyelesaikan etape kedua Tall Ship Race 2023 selama 3 hari pelayaran dengan jarak tempuh 450 nautical mile (NM). 

Selama sandar selama 3 hari, KRI Bima Suci mengikuti beberapa kegiatan yang diselenggarakan panitia seperti Parade Crew, Sport Activities, pembersihan sungai serta beberapa kegiatan lainnya sebelum nantinya KRI Bima Suci akan melanjutkan etape ketiga menuju Arbedeen, Skotlandia.

Penampilan prajurit KRI Bima Suci selama sandar berhasil membuat semua mata pengunjung yang hadir tertuju pada pertunjukan tersebut. 

Para pengunjung juga disuguhi kesenian yang ditampilkan oleh para prajurit KRI Bima Suci dari berbagai daerah di nusantara, Indonesia seperti dari Sumatra Barat, Bali, Jawa Barat, Jawa Tengah serta beragam tenue yang dimiliki personil TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam event parade crew. 

BERITA LAINNYA  Rencana Rilis PlayStation 6 Berpotensi Terungkap, Berkat Microsoft

Tidak hanya itu, penampilan Reog Ponorogo dan ikut serta Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Norwegia membuat kirab semakin meriah. 

Hal ini lagi-lagi membuat kehadiran para prajurit KRI Bima Suci yang dalam rangka pelayaran misi diplomasi dan duta bangsa Kartika Jala Krida 2023 berhasil menyuguhkan diaspora Indonesia di Norwegia.

Komandan KRI Bima Suci Letkol Laut (P) M. Sati Lubis yang sekaligus sebagai Dansatgas KJK 2023 menyampaikan bahwa KRI Bima Suci juga mengemban misi untuk mempromosikan seni dan budaya sekaligus tujuan wisata Indonesia. 

“Dengan begitu kehadiran kami dalam event bergensi ini selain memberikan gambaran dan pertunjukkan kepada dunia tentang Indonesia, juga diharapkan hubungan persaudaraan dapat tercipta sehingga misi diplomasi kami sebagai Satgas Misi Pelayaran Diplomasi dan Duta Bangsa dapat terwujud”, ujarnya dalam keterangan Dinas Penerangan TNI AL.

BERITA LAINNYA  Pendaftaran Bintara PK TNI AL Gelombang 2 Dibuka, Alumnus SMK Bisa Ikut

Pada kesempatan tersebut Letkol Laut (P) M. Sati Lubis menyampaikan rasa terima kasih kepada para prajurit dan Taruna AAL dan yang ikut berperan serta dalam pelayaran muhibah diplomasi dan duta bangsa Indonesia.

Ia juga berharap dengan kegiatan Tall Ship Race Sail Den Helder 2023 tersebut semakin mempererat hubungan dan persaudaraan antara negara-negara yang memiliki kapal layar.

Pelaksanaan kegiatan ini sesuai dengan penekanan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali kepada seluruh prajurit TNI AL yang tengah menjalankan misi diplomasi bahwa peran serta TNI AL dalam pelayaran muhibah diplomasi merupakan implementasi dari cita-cita bangsa Indonesia untuk menciptakan persahabatan dan memperkenalkan budaya kepada dunia. 

“Maka dari itu para prajurit yang ditugaskan harus bangga karena merupakan bagian dari kepercayaan yang diberikan oleh negara”, tegas Kasal.