• May 25, 2022

GOTO Akan Tambah Modal Lewat Private Placement

GOTO Akan Tambah Modal Lewat Private Placement

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) berencana akan melakukan penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) atau private placement. Rencananya GOTO akan melepas sebanyak-banyaknya 118.436.392.950 saham seri A.

Hal ini diungkapkan oleh perseroan dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI) Sabtu (21/5/2022). Saham yang diterbitkan bernilai nominal Rp 1 per saham atau atau sebesar maksimum 10 persen dari jumlah seluruh modal ditempatkan.

GOTO pun meminta restu dari para pemegang sahamnya atas rencana private placement ini melalui rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) yang dijadwalkan pada 28 Juni mendatang.

BERITA LAINNYA  Allianz Life Indonesia dan Bank Woori Saudara Umumkan Kerja Sama Strategis Asuransi Jiwa Kredit

Pelaksanaan PMTHMETD juga akan menunggu persetujuan dari RUPST rencananya akan dilaksanakan pada 28 Juni 2022. Berdasarkan ketentuan Pasal 25 POJK No. 22, PMTHMETD akan dilakukan dalam jangka waktu 1 tahun sejak RUPST untuk PMTHMETD tersebut dilaksanakan.

“Dana yang diperoleh akan digunakan oleh Perseroan untuk mendukung kebutuhan modal kerja Perseroan, PT Tokopedia, PT Dompet Anak Bangsa dan PT Multifinance Anak Bangsa,” papar manajemen dalam prospektus.

GOTO berharap, penerbitan saham baru dalam konteks PMTHMETD akan meningkatkan jumlah saham yang dikeluarkan Perseroan, sehingga diharapkan dapat meningkatkan likuiditas perdagangan saham Perseroan.

BERITA LAINNYA  Tiga Hari Lagi Tarif Ojek Online Naik, Waduh

“Pelaksanaan PMTHMETD juga akan memberikan dana tambahan bagi Perseroan untuk mendukung pengembangan kegiatan usaha Perseroan dan anak perusahaan dan memperkuat struktur permodalan Perseroan,” tambah manajemen.

Setelah pelaksanaan PMTHMETD menjadi efektif, persentase kepemilikan saham dari pemegang saham Perseroan saat ini akan mengalami penurunan (dilusi) sebesar maksimum 9,09 persen. Di sisi lain, pelaksanaan PMTHMETD ini tidak akan mengakibatkan perubahan rasio hak suara Saham Seri B terhadap Saham Seri A.

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published.