• December 15, 2022

Dosen Teknik Kelautan ITS Juarai Kompetisi Karate Internasional di Uzbekistan

Dosen Teknik Kelautan ITS Juarai Kompetisi Karate Internasional di Uzbekistan

MEDIA24.ID, JAKARTA – Dosen Departemen Teknik Kelautan ITS Dr Eng Kriyo Sambodho ST Meng, membanggakan Indonesia lewat raihan medali perak pada ajang 3rd Traditional Karate Asia – Oceania Cup 2022 di Tashkent, Uzbekistan.

Dhodot, sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa kompetisi yang diselenggarakan oleh Uzbekistan Traditional Karate-Do International Traditional Karate Federation (ITKF) ini diikuti oleh 11 negara.

Di antaranya Uzbekistan, Jepang, Mesir, Pakistan, Kuwait, Indonesia, Palestina, Turkmenistan, Tajikistan, Kazakhstan, dan Kyrgyzstan.

Baca juga: Penting! Lolos SNBP 2023 Tak Bisa Daftar Sekolah Kedinasan

Lanjut Dhodot, perolehan medali perak pada kategori umur 46 hingga 50 tahun yang didapatnya merupakan hasil persiapan yang telah dilakukan sejak awal tahun lalu.

BERITA LAINNYA  Seminar Pendidikan Perdamaian: Islam Harus Lebih Berperan Mewujudkan Perdamaian

Selama periode tersebut, dosen Laboratorium Konstruksi Bangunan Laut ini menjalani pelatihan jangka panjang bersama Pengurus Daerah Jawa Timur Federasi Karate Tradisional Indonesia (INATKF).

Kendati sempat terkendala karena perbedaan cuaca akibat musim dingin yang melanda, namun Dhodot dan karateka dari Indonesia lainnya tetap dapat memberikan performa maksimalnya selama berada di Uzbekistan.

Baca juga: Aturan Pilih Prodi SNBP 2023, Boleh Lintas Jurusan

“Bertanding saat musim dingin adalah pengalaman pertama bagi sebagian besar perwakilan Indonesia dengan persiapan hanya selama dua hari untuk beradaptasi,” katanya, Kamis (15/12/2022).

BERITA LAINNYA  Kisah Perjuangan Mahasiswa Papua Barat Tembus UI Jalur SNMPTN

Dhodhot mengungkapkan, respons positif turut didapatkan dari Ketua INATKF Muchamad Muchlas Rowi yang menyambut gembira prestasi para karateka yang berhasil membawa tiga medali emas, dua perak, dan tujuh perunggu.

Perolehan dari lima karateka ini sendiri membawa Indonesia menjadi peringkat kedua Juara Umum pada kompetisi tersebut.

Menggeluti olahraga ini semenjak di bangku Sekolah Menengah Pertama, Dhodot kerap menorehkan namanya di beberapa kompetisi baik dalam skala nasional maupun internasional. Di antaranya pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Piala Erick Thohir dan raihan juara kedua pada Internasional Czech Open Karate Cup 2021 dengan kategori umur 46 hingga 50 tahun.

BERITA LAINNYA  Hampir 75% Mahasiswa UGM dari Kelas Menengah Ke Bawah, Ini Besaran UKT-nya

Lewat prestasi ini, Dhodot ingin menyampaikan kepada mahasiswa ITS untuk tak kenal lelah dan tekun mendalami bidang-bidang yang disukai. Dhodot menilai bahwa dengan didampingi doa, kecerdasan, dan keyakinan akan membawa keberhasilan bila dilakukan dengan sungguh-sungguh.

“Keberhasilan akan mengikuti bila sesuatu dilakukan dengan ikhlas, penuh pengorbanan, serta tak semata mengejar materi,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.