• June 18, 2022

6 Cara Menabung yang Baik agar Keuangan Terjaga.

6 Cara Menabung yang Baik agar Keuangan Terjaga.

MEDIA24.ID, JAKARTA — Cara menabung yang baik perlu diajarkan dari sejak kecil. Dengan mengetahui dan mempraktekkan cara menabung yang baik sejak dini, maka mereka akan lebih menghargai uang dan bisa mengelolanya dengan baik.

Mereka juga juga akan lebih disiplin, sehingga keuangan juga akan terjaga di masa depan.

Baca juga:9 Provinsi dengan Pesantren Terbanyak di Indonesia

Baca juga: Bacaan Doa Mustajab setelah Shalat Ashar di Hari Jumat

Ada banyak tips dan cara menabung dengan baik yang bisa kamu ajarkan. Namun, yang terpenting adalah kedisiplinan terhadap target yang ditetapkan. Untuk itu kamu perlu memonitor tabungan, agar tujuan finansial bisa tercapai dengan mudah.

Cara Menabung dengan Baik

Mulai dengan menetapkan tujuan

Tuliskan semua keinginan yang ingin kamu capai dengan menabung. Biasanya, semua orang akan menuliskan keinginan-keinginan seperti membeli kendaraan, gadget baru, jalan-jalan, berangkat haji, atau menikah.

Setelah itu menuliskan keinginan yang kita miliki, silahkan jabarkan berdasarkan jangka waktu pencapaiannya

Pakai sistem tanggal

Cobalah tips menabung terbalik tanggal ini, misalkan dalam satu bulan terdapat 30 hari. Jadi pada tanggal 1 kamu harus menabung sebesar Rp30.000, pada tanggal 2 menabung sebesar Rp29.000, tanggal 3 menabung sebesar Rp28.000 dan seterusnya.

Sampai pada akhir bulan tanggal 30 kamu memasukan uang Rp1.000 ke dalam tabungan yang terlah di isi sebulan penuh. Dalam 30 hari saja kamu kurang lebih telah menabungkan sebesar Rp465.000.

BERITA LAINNYA  Bersih-bersih BUMN dari Korupsi Bikin Kinerja Membaik 

Lakukan hal tersebut rutin setiap bulannya. Sesuaikan juga dengan ada berapa hari dalam satu bulan tersebut.

Misalkan dalam satu bulan terdapat 31 hari, mulailah menabung pada tanggal 1 dengan nominal uang Rp31.000 yang disisihkan ke dalam tabungan kamu.

Mulai menabung uang receh

Jangan anggap remeh uang receh, kamu pernah mendengar pepatah yang mengatakan bahwa sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.

Nah, belajar dari pepatah tersebut coba kamu kumpulkan setiap uang receh yang didapat dan ditemukan dalam tas, saku, ataupun dompet setiap harinya.

Sediakan celengan dengan ukuran yang cukup besar, karena uang recehan lumayan memakan tempat.

Kamu pernah mendengar seseorang yang berhasil membeli kendaraan bermotor dengan uang receh? Nah, cara seperti ini dapat dikatakan menabung mudah yang unik dan efektif juga memiliki dampak besar.

Buat dua rekening terpisah

Sangat mudah untuk menghabiskan uang yang ada di dalam rekening, terlebih jika Anda hanya memiliki satu rekening. Meskipun memiliki komitmen kuat untuk menabung dan menerapkan tips menabung uang secara disiplin, ada risiko menggunakan uang tabungan tanpa Anda sadari.

BERITA LAINNYA  Ini Keuntungan Kredit Multiguna untuk Modal Usaha

Untuk menghindari permasalahan seperti ini, Anda bisa membuka dua rekening yang berbeda. Rekening pertama digunakan untuk menerima gaji dan memenuhi kebutuhan. Rekening kedua bisa digunakan khusus sebagai rekening tabungan.

Memisahkan dua rekening seperti ini akan membantu Anda melihat banyak hal dengan lebih jelas. Anda bisa melihat berapa banyak uang yang boleh Anda gunakan setiap bulannya. Di sisi lain, Anda juga bisa melihat berapa banyak uang yang tidak boleh Anda gunakan dan harus dijaga jumlahnya.

Hematlah

Anggaran bulanan adalah road map dalam mengelola keuangan selama satu bulan. Karena itu, Anda harus mengikutinya. Jika Anda memiliki anggaran, godaan untuk membeli barang-barang yang tidak diperlukan akan semakin kecil.

Menghindari pengeluaran yang tidak begitu penting adalah salah satu kunci menabung. Jika sebelumnya Anda terbiasa membeli kopi di kafe, mulailah untuk mengurangi intensitasnya. Buat kopi sendiri agar lebih hemat.

BERITA LAINNYA  Sektor Real Estate Sumbang 60% Emisi Karbon Dunia

Jika Anda sering membeli makanan di warung makan, mulailah untuk membeli bahan mentah dan memasaknya sendiri. Cara-cara seperti ini akan membantu menghemat keuangan Anda.

Tingkatkan penghasilan

Menekan pengeluaran itu baik. Dengan melakukannya, Anda bisa menabung lebih banyak dan mencapai tujuan keuangan lebih cepat. Akan tetapi menekan pengeluaran saja tidaklah cukup. Anda juga harus mencari cara untuk meningkatkan penghasilan.

Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk meningkatkan penghasilan. Misalnya saja dengan mencari pekerjaan sampingan dengan menjadi pekerja lepas atau mulai membangun bisnis Anda sendiri. Jika Anda cukup jeli, tidak sulit melihat peluang-peluang seperti ini.

Selain menyisihkan uang untuk menabung, mulailah untuk berinvestasi. Investasi juga bisa menjadi cara cerdas untuk meningkatkan penghasilan tanpa harus bekerja keras. Jika Anda berhasil menemukan aset yang bernilai dan berpotensi untuk terus tumbuh, Anda bisa mendapatkan pasive income.

Tips menabung uang yang satu ini memang terbilang lebih sulit jika dibandingkan dengan tips-tips sebelumnya. Namun jika Anda berhasil melakukannya, hampir bisa dipastikan Anda tidak akan mengalami masalah keuangan di kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published.