• June 19, 2022

Cara Kerja Aromaterapi Mampu Berikan Efek Tenang di Jiwa

Cara Kerja Aromaterapi Mampu Berikan Efek Tenang di Jiwa

MEDIA24.ID, JAKARTA – Aromaterapi dipercaya mampu menurunkan tingkat stres akibat pekerjaan atau masalah yang menumpuk.

Aroma yang menguar memberikan ketenangan dan efek psikologis, sehingga otak dan tubuh menjadi lebih rileks.

Baca jugaIni Penyakit yang Tidak Ditanggung Pengobatannya oleh BPJS Kesehatan 

Sesuai istilahnya, aromaterapi adalah pengobatan yang dilakukan dengan menggunakan wewangian, seperti bunga, akar-akaran, dan daun-daunan.

Aromaterapi biasanya ditawarkan sebagai terapi komplementer (bersamaan/pelengkap pengobatan medis) atau sebagai bentuk pengobatan alternatif.

Lalu bagaimana cara bekerja aromaterapi? Berikut ini penjelasan dokter cantik dari Rumah Sakit Islam (RSI) Banjarnegara, dr Hening Widiawati.

Baca jugaCak Imin Temui Prabowo: Demi Kebangkitan Indonesia Raya

BERITA LAINNYA  Film Srimulat Hil yang Mustahal, Ini Link Beli Tiket tanpa Antre dan Sinopsis

Dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sultan Agung Semarang ini menjelaskan, terapi ini bekerja saat Anda menghirup aroma tertentu untuk merangsang hipotalamus.

Hipotalamus adalah yang mengatur fungsi tubuh yang penting, seperti tidur dan respons emosional.

“Setelah mencapai hipotalamus, stimulus aroma berjalan melalui sistem limbik dan masuk ke hipokampus, yang merupakan bagian dari otak yang penting untuk memori. Ini tidak hanya membantu kita mengasosiasikan aroma tertentu dengan memori tertentu, tetapi ini juga yang memungkinkan tubuh bereaksi terhadap aroma penyembuhan aromaterapi,” kata Hening dikutip dari keterangan tertulisnya, Minggu, 19 Juni 2022.

Baca juga6 Cara Menabung yang Baik agar Keuangan Terjaga.

BERITA LAINNYA  Marshanda Hilang di Amerika, Sahabat Singgung soal Manic Episode

Hening mengatakan, terapi jenis ini bisa digunakan oleh siapa saja, tapi orang yang mudah stres atau cenderung merasa tidak seimbang, lebih sering menggunakan aromaterapi sebagai cara untuk memerangi perasaan yang tidak disengaja ini.

“Bahkan yang memiliki masalah pernapasan mungkin dapat menemukan minyak esensial yang menenangkan. Secara keseluruhan, aromaterapi dapat digunakan oleh siapa saja yang ingin merasakan kekuatan holistik dari minyak esensial,” katanya.

Hening menjelaskan, aromaterapi biasa digunakan oleh orang yang mengalami gangguan, nyeri sendi atau otot, mengalami kesulitan tidur, mengalami depresi, stres kronis, atau kecemasan.

BERITA LAINNYA  Johnny Depp Menang Gugatan atas Amber Heard, Segini Uang yang Akan Diterima

Wanita yang mengalami gejala PMS atau menopause juga sering menggunakannya, selain itu bagi yang memiliki masalah kulit, termasuk jerawat atau selulit juga seing memanfaatkannya.

Lalu bagaimana menggunakan aromaterapi ini? Hening menyebutkan beberapa cara penggunan aromaterapi yang benar, di antaranya menambahkannya ke diffuser lalu menghirup uapnya.

Ditambahkan untuk mencuci kaki dan tangan, aplikasi langsung ke kulit dengan kompres.

“Bisa juga sebagai gosok dada untuk menunjang sistem pernapasan, serta diteteskan di atas bantal untuk efek menenangkan untuk membantu tertidur lebih cepat,” kata dokter yang mengampu puluhan ribu dosis vaksin di Kabupaten Banjarnegara ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.