HEADLINEKEUANGAN

Begini Cara Daftar BLT Anak Sekolah SD-SMA, Ada Bantuan Rp 4,4 Juta

1306
×

Begini Cara Daftar BLT Anak Sekolah SD-SMA, Ada Bantuan Rp 4,4 Juta

Share this article
BLT Anak Sekolah 2022
BLT Anak Sekolah 2022

MEDIA24.ID, JAKARTA- Bantuan Langsung Tunai atau BLT Anak Sekolah diperuntukkan bagi pelajar jenjang pendidikan SD, SMP dan SMA. Bansos dengan total Rp 4,4 juta ini merupakan bagian dari Program Keluarga Harapan (PKH).

Dikutip dari laman resmi Kemensos (20/6) masyarakat penerima bantuan PKH ini haruslah berasal dari keluarga miskin dan sudah terdaftar pada fasilitas pendidikan terdekat.

Baca juga: KJP Plus Juni 2022 Cair Per 17 Juni, Resmi Diumumkan P40P

Baca juga: Kapan BSU 2022 Cair? Cek dengan Login di kemnaker.go.id 

Cara untuk bisa mendapatkan BLT PKH di bidang pendidikan adalah dengan mendaftarkan dan memastikan kehadiran anggota keluarga PKH ke satuan pendidikan sesuai jenjang sekolah dasar dan menengah.

Ada total bantuan untuk anak usia sekolah SD hingga SMA dengan rincian SD Rp 900.000, SMP Rp 1.500.000 dan SMA Rp 2.000.000. Dana bantuan ini dapat dicairkan melalui Bank Himbara di seluruh Indonesia.

Bank Himbara tersebut meliputi Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Tabungan Negara (BTN) dan Bank Negara Indonesia (BNI).

Syarat untuk bisa mendapatkan bantuan tersebut, pastikan bahwa anak sekolah sudah mempunyai Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Selanjutnya siswa penerima BLT Anak Sekolah juga harus terdaftar di lembaga pendidikan formal atau non-formal dan terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Jika seandainya siswa tidak memiliki KIP, pihak keluarga bisa melakukan pendaftaran ke lembaga dinas pendidikan terdekat dengan membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Bagi keluarga yang juga tidak mempunyai KKS, orang tua dapat meminta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) ke RT/RW hingga kelurahan untuk dibawa ke lembaga dinas pendidikan.

Untuk jadwal pencairan dana BLT sekolah ini dilakukan secara bertahap yakni pada Januari, April, Juli dan Oktober 2022.

Sebelum mencairkan dana BLT sekolah, kamu bisa melakukan pengecekan data melalui link https://cekbansos.kemensos.go.id/

Cara cek penerima BLT Anak Sekolah:

  1. Masukkan Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan
  2. Masukkan nama PM (Penerima Manfaat) sesuai KTP
  3. Ketikkan 8 huruf kode (dipisahkan spasi) yang tertera dalam kotak kode
  4. Jika huruf kode kurang jelas, klik icon untuk mendapatkan huruf kode baru
  5. Klik tombol CARI DATA

Sistem Cek Bansos Kemensos akan mencari Nama PM (Penerima Manfaat) sesuai wilayah yang di-inputkan. Jika nama kamu terdaftar maka bantuan akan disalurkan sesuai jadwal yang berlaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *