• June 21, 2022

BSU 2022 Kapan Cair? Simak Cara Cek Penerima di sso.bpjsketenagakerjaan.go.id

BSU 2022 Kapan Cair? Simak Cara Cek Penerima di sso.bpjsketenagakerjaan.go.id

MEDIA24.ID, JAKARTA – BSU 2022 atau Bantuan Subsidi Upah mulai ditanyakan kapan cair, mengingat sudah lama dijanjikan oleh pemerintah. Artikel ini membahas cara cek penerima BSU 2022 Kemnaker atau BLT Subsidi Gaji.

Pemerintah membantu para buruh menghadapi dampak pandemi Covid-19 melalui bansos BSU 2022 ini yang sedang ditanyakan kapan cair. Program ini merupakan kelanjutan program serupa tahun sebelumnya yang menyasar para buruh atau pekerja.

Baca juga: Kapan BSU 2022 Cair? Cek dengan Login di kemnaker.go.id

Baca juga: BSU 2022 Kapan Cair? Bantuan Buat Pekerja Gaji Kurang dari Rp3,5 Juta 

Meski saat ini penularan Covid-19 tidak seperti puncak kasus pada Juli tahun lalu, namun dampak ekonominya masih terasa, ekonomi buruh belum sepenuhnya pulih. Selain masyarakat kini juga menghadapi kenaikan harga-harga komoditas dan energi yang memberikan tekanan bagi pemulihan ekonomi nasional.

Karena itu bansos BSU 2022 diharapkan meningkatkan daya beli masyarakat sehingga mengungkit pertumbuhan ekonomi. Paling tidak membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok.

Program ini akan diberikan pada 8,8 juta orang pekerja dengan besar bantuan masing-masing Rp1 juta rupiah. Syarat untuk memeroleh bantuan ini adalah peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan dan mempunyai gaji di bawah Rp3,5 juta.

BERITA LAINNYA  Pesan Istri Ridwan Kamil Bikin Nangis: Di Sungai Aare yang Cantik Ini, Mamah Lepaskan Kamu

Bagi pekerja yang memenuhi syarat dapat cek status penerima BSU Subsidi Upah 2022 atau BLT Subsidi Gaji secara online melalui link sso.bpjsketenagakerjaan.go.id (BPJS Ketenagakerjaan) atau bsu.kemnaker.go.id (Kemnaker).

Menteri Tenaga Kerja atau Menaker Ida Fauziyah menyampaikan keterangan kabar BSU kapan cair lewat akun Instagram-nya, @idafauziyahnu. Bahkan memberikan garansi bahwa BLT subsidi gaji pasti cair.

“@rory**** itu pasti, sabar ya..kita sedang proses tuntaskan regulasinya.” Demikian penjelasan akun Instagra @idafauziyahnu.

Pada berbagai kesempatan, Menaker Ida Fauziyah juga memberikan penjelasan bahwa BSU BLT Ketenagakerjaan 2022 akan cair setelah dilakukan penyelarasan regulasi. Paling tidak ada 6 tahapan yang hendak diselesaikan oleh Kemnaker agar BSU BLT Ketenagakerjaan 2022 dapat segera cair dan diterima oleh pekerja atau buruh.

Berikut tahapan tersebut:

  1. Penyelarasan regulasi teknis pelaksanaan BSU 2022.
  2. Tahapan selanjutnya revisi anggaran oleh Kemnaker bersama Kementerian Keuangan.
  3. Kemnaker juga akan meninjau ulang data calon penerima BSU 2022 dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan
  4. Selanjutnya, Kemnaker akan berkoordinasi dengan bank anggota Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) selaku bank penyalur.
  5. Kemnaker bakal memastikan BSU BLT Ketenagakerjaan 2022 berjalan dengan cepat, tepat, akurat, dan akuntabel, serta dengan tata kelola yang baik.
  6. Setelah semua tahapan di atas tuntas, Kemnaker baru akan menyalurkan dana BLT subsidi gaji untuk para pekerja atau buruh.
BERITA LAINNYA  Takziah ke Gedung Pakuan, Gus Muhaimin Doakan Eril Husnul Khatimah

Para pekerja dan buruh nanti dapat mengecek daftar penerima BSU BLT Ketenagakerjaan 2022 secara online. Akan tetapi, perlu diingat bahwa BLT subsidi gaji itu hanya mereka yang masih aktif sebagi peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan dengan gaji maksimal Rp3,5 juta.

Nantinya, pekerja dan buruh bakal mendapatkan dana BSU BLT Ketenagakerjaan 2022 senilai Rp500 ribu yang berlangsung selama 4 bulan. Dalam praktiknya, pencairan berlangsung dalam 2 bulan sekali sehingga pekerta akan menerima BLT senilai Rp1 juta.

Meski belum ada keterangan detail tentang kriteria dan syarat penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) Ketenagakerjaan 2022, kita bisa menjadikan ketentuan dalam pencairan BSU 2021 sebagai panduan.

Daftar penerima BSU BLT Ketenagakerjaan 2022 atau BLT subsidi gaji dapat juga diakses melalui:

Berikut ini persyaratan penerima BSU Ketenagakerjaan:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Pekerja/buruh yang menerima gaji di bawah Rp3,5 juta
  • Tercatat sebagai jaminan sosial tenaga kerja BPJS Ketenagakerjaan
  • Berada di wilayah zona PPKM level 4 dan 3
  • Pekerja bekerja di sektor perdagangan, real estate, properti, barang konsumsi, aneka industri, transportasi dan jasa kecuali pendidikan serta kesehatan
  • Rekening bank yang masih aktif
BERITA LAINNYA  Kaum Buruh Tunggu BSU 2022 Kapan Cair, Apa Sih?   

Untuk pekerja atau buruh yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan dengan gaji di bawah Rp3,5 juta dan memenuhi syarat, silakan simak cara cek BSU 2022 Kemnaker berikut ini:

  • Buka laman bpjsketenagakerjaan.go.id
  • Pilih menu “Cek Status Calon Penerima BSU” kemudian, kamu akan masuk ke halaman cek penerima BSU.
  • Masukkan data sesuai kolom yang tersedia meliputi:
    • Nomor Induk Kependudukan (NIK)
    • Nama lengkap
    • Tanggal lahir
  • Setelah mengisi data diri, klik capcha “i’m not a robot”, lalu klik ‘Lanjutkan’
  • Maka akan terlihat di akun tersebut jika Anda penerima bantuan subsidi gaji.
  • Buat Akun dengan klik ‘Daftar Sekarang’;
  • Masukkan Nomor Induk Kependudukan atau NIK KTP, nama lengkap, dan nama ibu kandung;
  • Lengkapi data pribadi dan selesaikan pembuatan akun;
  • Aktivasi akun menggunakan kode OTP yang dikirimkan ke nomor ponsel. Pastikan nomor ponsel yang didaftarkan merupakan nomor aktif;
  • Login akun yang telah dibuat;
  • Cek status tahapan pencairan.

 

1 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.