• June 5, 2022

Luhut Usul Tiket Masuk Borobudur Jadi Rp 750 Ribu, Berapa Harganya Sekarang?

Luhut Usul Tiket Masuk Borobudur Jadi Rp 750 Ribu, Berapa Harganya Sekarang?

MEDIA24.ID, JAKARTA- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengumumkan harga tiket masuk Candi Borobudur, Jawa Tengah sebesar Rp 750 ribu untuk turis lokal dan USD 100 untuk mancanegara.

“Kami juga sepakat dan berencana untuk membatasi kuota turis yang ingin naik ke Candi Borobudur sebanyak 1.200 orang per hari,” ucap Luhut dikutip dari akun Instagramnya.

Baca juga: Begini Cara Terapkan Meaningful Learning pada Anak Sejak Dini

Ia juga menambahkan, “Dengan biaya (harga tiket masuk Candi Borobudur) 100 dollar AS untuk wisman dan turis domestik sebesar Rp 750 ribu. Khusus untuk pelajar, kami berikan biaya (tiket masuk Borobudur) 5.000 rupiah saja.”

Seperti diketahui, Candi Borobudur merupakan tempat wisata yang kini berada di bawah pengelolaan BUMN pariwisata, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero).

Saat ini, harga tiket masuk ke Candi Borobudur berdasarkan beberapa kategori dengan jam buka dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 16.00 setiap harinya.

BERITA LAINNYA  Simak! Ini Jenis-jenis Kanker dan Cara Mendeteksinya

Baca juga: Ini Aturan Lengkap Sistem Zonasi PPDB 2022, Simak Ya

Tiket masuk Borobudur bagi wisatawan lokal dipatok sebesar Rp 50.000 untuk usia di atas 10 tahun. Adapun tiket Borobudur untuk anak usia 3-10 dikenakan tarif masuk Rp 25.000, dan anak di bawah 3 tahun tidak dikenakan biaya.

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero) juga menetapkan harga tiket masuk Candi borobudur khusus sebesar Rp 25.000 per orang yang berlaku untuk rombongan pelajar dan mahasiswa.

BERITA LAINNYA  Breaking News, Mantan Perdana Menteri Jepang Ditembak

Sementara harga tiket masuk Candi Borobudur bagi wisatawan mancanegara dewasa sebesar Rp 350.000 dan Rp 210.000 untuk anak-anak.

Terkait pernyataan Luhut tersebut, Direktur Utama Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (Persero) Edy Setijono memaparkan tiket masuk Borobudur seharga Rp 750.000 per orang bagi turis lokal hanya untuk menaiki Candi Borobudur

Sementara harga tiket masuk kawasan candi masih tetap Rp 50.000 per orang untuk wisatawan nusantara.

“Sementara itu, itu kan tiket (tiket Borobudur) untuk naik ke candi. Tiket regulernya (harga tiket masuk Candi Borobudur) masih tetap sama untuk wisnus Rp 50.000 , untuk wisman 25 dollar AS. Hanya tiket untuk ini berlaku cuma sampai pelataran candi saja,” kata Edy dilansir dari Antara, Minggu (5/6/2022).

BERITA LAINNYA  3 Pemain Lokal Baru Persebaya, Ada Eks Arema dan Persib

Edy mengatakan keputusan harga tiket menaiki bangunan candi sebesar Rp 750.000 untuk turus lokal dan USD 100 dollar AS untuk wisatawan mancanegara ditetapkan melalui rapat koordinasi dengan pemerintah pusat.

Dia menjelaskan harga tiket Borobudur tersebut ditetapakan karena adanya sistem kuota per hari bagi yang diperbolehkan naik ke atas Candi Borobudur.

Pemerintah menetapkan kuota yang diperbolehkan naik ke atas candi hanya 1.200 orang per hari.

Tujuan pembatasan tersebut untuk melindungi bangunan Candi Borobudur atau konservasi demi menjaga kelestarian kekayaan sejarah dan budaya nusantara.

Edy pun mengungkapkan bangunan Candi Borobudur mulai mengalami penurunan dan pengikisan yang diduga diakibatkan oleh adanya beban berlebih akibat kunjungan wisatawan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.