• December 22, 2022

Bacaan Doa pada Kedua Orang Tua yang Masih Hidup Maupun Sudah Meninggal Dunia

Bacaan Doa pada Kedua Orang Tua yang Masih Hidup Maupun Sudah Meninggal Dunia

MEDIA24.ID, JAKARTA – Berbahagialah bagi yang masih mempunyai orang tua, doa dan rasa hormat perlu ditunjukkan pada mereka.

Doa pada orang tua merupakan salah satu cara untuk menunjukkan rasa hormat, cinta, dan kasih sayang kepada mereka. Kita juga merasa lebih dekat dengan orang tua kita dan memperkuat hubungan kita dengan mereka.

Doa pada orang tua juga dapat menjadi cara untuk mengungkapkan terima kasih kepada Tuhan atas berkat yang telah diberikan kepada orang tua kita.

Dengan demikian, doa untuk orang tua dapat membantu kita untuk menjadi anak yang lebih baik dan lebih memahami serta menghargai orang tua kita.

Orang tua merupakan salah satu sumber kehidupan bagi anak-anak. Mereka telah memberikan banyak hal kepada kita, termasuk kehidupan, kasih sayang, dan bimbingan.

Mendoakan orang tua juga dapat membantu kita untuk memperbaiki hubungan kita dengan mereka, terutama jika kita memiliki masalah atau konflik dengan orang tua kita. Doa dapat membantu kita untuk memaafkan orang tua kita dan memperbaiki hubungan kita dengan mereka.

BERITA LAINNYA  KJP Plus Juli 2022 Cair Kapan? Ini Syarat Dapat SPP Murid Sekolah Swasta

Doa pada orang tua bisa kamu lafalkan dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Arab. Tidak perlu ragu-ragu, yang penting ikhlas dan tulus dari dalam hari.

Berikut bacaan doa untuk kedua orang tua yang masih hidup maupun sudah meninggal dalam Bahasa Arab:

رَّبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيراً

Bacaan latin: Rabbigh firlii wa liwaalidayya warhamhumaa kamaa rabbayaani shaghiiraa

Artinya: “Ya Tuhanku, ampunilah aku serta kedua orang tuaku dan sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku waktu kecil.”

Bacaan Doa untuk Kedua Orang Tua yang Sudah Meninggal

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالأَمْوَاتِ مِنْ مَشَارِقِ الْاَرْضِ إِلَى مَغَارِبِهَا بَرِّهَا وَبَحْرِهَا، خُصُوْصًا إِلَى آبَاءِنَا وَاُمَّهَاتِنَا وَأَجْدَادِنَا وَجَدَّاتِنَا وَأَسَاتِذَتِنَا وَمُعَلِّمِيْنَا وَلِمَنْ أَحْسَنَ إِلَيْنَا وَلِأَصْحَابِ الحُقُوْقِ عَلَيْنَا

Bacaan latin: Allāhummaghfir lil muslimīna wal muslimāt, wal mukminīna wal mukmināt, al-ahyā’i minhum wal amwāt, min masyāriqil ardhi ilā maghāribihā, barrihā wa bahrihā, khushūshan ilā ābā’inā, wa ummahātinā, wa ajdādinā, wa jaddārinā, wa asātidzatinā, wa mu’allimīnā, wa li man ahsana ilainā, wa li ashhābil huquqi ‘alaynā.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah mukminin, mukminat, muslimin, muslimat, yang masih hidup, yang telah wafat, yang tersebar dari timur hingga barat, di darat dan di laut, khususnya bapak, ibu, kakek, nenek, ustadz, guru, mereka yang telah berbuat baik terhadap kami, dan mereka yang masih memiliki hak terhadap kami.”

BERITA LAINNYA  Link Live Streaming Indonesia Vs Yordania Kick Off 12 Juni Dini Hari

Berikut adalah beberapa contoh doa untuk orang tua dalam agama Islam:

  1. “Ya Allah, terima kasih atas nikmat yang telah Engkau berikan kepada kami, di antaranya dengan memberikan kami orang tua yang sholeh dan sholehah. Mohon berkatilah mereka dengan keberkahan, kekuatan, dan kebahagiaan dalam hidup mereka. Lindungilah mereka dari segala masalah dan bahaya. Aamiin.”
  2. “Ya Allah, terima kasih atas nikmat yang telah Engkau berikan kepada kami, di antaranya dengan memberikan kami orang tua yang baik dan bijaksana. Mohon pertolonganmu agar aku bisa menjadi anak yang lebih baik, yang selalu menghargai dan menghormati orang tua ku. Aamiin.”
  3. “Ya Allah, terima kasih atas nikmat yang telah Engkau berikan kepada kami, di antaranya dengan memberikan kami orang tua yang penyayang dan pengasih. Mohon pertolonganmu agar aku bisa menjadi anak yang lebih baik, yang selalu memperlakukan orang tua ku dengan baik dan penuh kasih sayang. Aamiin.”
  4. “Ya Allah, terima kasih atas nikmat yang telah Engkau berikan kepada kami, di antaranya dengan memberikan kami orang tua yang setia dan penyabar. Mohon pertolonganmu agar aku bisa menjadi anak yang lebih baik, yang selalu memahami dan menghargai orang tua ku. Aamiin.”
BERITA LAINNYA  Reshuffle Kabinet, Eks Panglima TNI dan Ketum PAN Dapat Jatah Menteri

Ingatlah bahwa doa adalah pernyataan hati yang sederhana dan tulus kepada Tuhan, yang berisi permohonan, harapan, dan pujian. Anda bebas untuk memformulasikan doa sesuai dengan kebutuhan dan hubungan Anda dengan orang tua Anda.

 

 

 

 

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published.