• October 3, 2022

Ayat Al Quran tentang Maulid Nabi Lengkap Beserta Artinya

Ayat Al Quran tentang Maulid Nabi Lengkap Beserta Artinya

MEDIA24.ID, JAKARTA – Umat Islam akan memeringati Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada hari Sabtu, 8 Oktober 2022. Ada banyak ayat Alquran tentang Maulid Nabi SAW yang merupakan salah satu bentuk syukur dan suka cita dengan rahmat Allah atas kelahiran manusia mulia Rasulullah SAW.

Baca juga: Membanggakan BAZNAS Raih Award dari Majalah SWA

Di Indonesia, sebagian besar masyarakat Muslim membaca shalawat, barzanji dan pengajian­-pengajian yang mengisahkan sejarah Nabi SAW tiap memasuki Bulan Rabiul Awal.

Baca juga: Ini Amalan Ibadah yang Tidak Boleh Dilakukan Wanita Saat Haid, Simak Ya

Dilansir dari Buku Pro Kontra Maulid Nabi,  Syaikh as-Sayyid Zain Aal Sumaith, dalam karyanya Masail Katsuro Haulaha an-Niqosy wa al-Jidal, mendefinisikan maulid Nabi Muhammad yakni, memperingati hari kelahiran Rasulullah dengan menyebut-nyebut kisah hidupnya, dan setiap tanda-tanda kemulian dan mukjizat sang Nabi Saw dalam rangka mengagungkan kedudukannya, dan menampakkan kegembiraan atas kelahirannya.

BERITA LAINNYA  Daftar Lokasi Salat Idul Adha Sabtu 9 Juli 2022 di Jakarta dan Sekitarnya

Tujuan merayakan Maulid Nabi SAW di Bulan Rabiul Awal adalah dalam rangka menampakkan kegembiran atas kelahiran manusia agung pembawa rahmat alam semesta.

Ayat Alquran tentang Maulid Nabi beserta artinya

1. Surat Al Anbiya ayat 107

Ayat Alquran tentang Maulid Nabi terdapat dalam Surat Al Anbiya ayat 107.

Firman Allah Swt:

وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلا رَحْمَةً لِلْعَالَمِينَ

Artinya: Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk menjadi rahmat bagi semesta alam. (Al-Anbiya: 107).

Ibnu Katsir dalam tafsirnya menjelaskan, melalui ayat ini Allah SWT memberitahukan bahwa Dia menjadikan Muhammad SAW sebagai rahmat buat semesta alam.

2. Surat Yunus Ayat 58

BERITA LAINNYA  Keistimewaan Raudhah, Tempat Mustajab untuk Berdoa

Ayat Al Quran tentang Maulid Nabi SAW berikutnya disebutkan dalam Surat Yunus Ayat 58.

قُلْ بِفَضْلِ اللّهِ وَبِرَحْمَتِهِ فَبِذَلِكَ فَلْيَفْرَحُواْ هُوَ خَيْرٌ مِّمَّا يَجْمَعُونَ

Artinya: Katakanlah: “Dengan kurnia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Kurnia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan. (QS. Yunus: 58).

Ayat ini memerintahkan kaum muslimin untuk bergembira dengan rahmat dan karunia Allah, dan salah satu rahmat terbesar bagi manusia adalah kelahiran Nabi SAW.

3. Surat Al Hajj Ayat 32

Berikutnya ayat Al Quran tentang Maulid Nabi yakni dalam Surat Al Hajj ayat 32

BERITA LAINNYA  Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat

ذَلِكَ وَمَن يُعَظِّمْ شَعَائِرَ اللَّهِ فَإِنَّهَا مِن تَقْوَى الْقُلُوبِ

Artinya: “Demikianlah (perintah Allah). Dan barangsiapa mengagungkan syiar-syiar Allah, maka sesungguhnya itu timbul dari ketakwaan hati.” (QS. Al Hajj Ayat 32)

Syiar-syiar Allah adalah hurumatullah, hurumatullah adalah segala seuatu yang Allah muliakan, bisa berupa benda atau waktu seperti Masjid dan Bulan romadhon.

Rasulullah SAW merupakan makhuk Allah yang paling agung keutamaannya dan paling mulia kedudukannya, tentu sudah sepantasnya kaum muslimin mengagungkan dan merayakan syiar ini.

Itulah beberapa ayat Al Quran tentang Maulid Nabi yang bisa menjadi pedoman bagi Muslim untuk merayakan hari kelahiran Rasulullah SAW.

Leave a Reply

Your email address will not be published.