• July 18, 2022

Arti Huruf ‘E’ di Panel BBM, Ternyata Bukan ‘Empty’ Gaes

Arti Huruf ‘E’ di Panel BBM, Ternyata Bukan ‘Empty’ Gaes

MEDIA24.ID, JAKARTA- Pemilik kendaraan bermotor baik roda dua maupun mobil pasti pernah melihat huruf E dan F di panel indikator Bahan Bakar Minyak (BBM) yang biasanya terletak pada dashboard.

Huruf ‘F’ dikenal dengan luas merupakan kepanjangan dari ‘Full’ atau penuh. Artinya tangki bahan bakar kondisinya penuh.

Baca juga: Tak Hanya Permak Jakun, Ini Deretan Operasi Lucinta Luna

Jadi saat jarum menunjuk ke ‘F’ atau berada di dekatnya, pengemudi dapat berkendara tanpa khawatir mobil atau motornya mogok karena bahan bakarnya habis.

BERITA LAINNYA  The Babies Tantang Fajar/Rian di Final Singapore Open 2022

Ketika kendaraan dipakai terus menerus tentu saja jarum tersebut kemudian menuju arah berlawanan dengan ‘F’ yakni huruf ‘E’.

Nah, tahu nggak apa arti huruf ‘E’ tersebut?

Mayoritas pemilik kendaraan atau pengendara pasti mengira huruf tersebut menunjukkan ‘Empty’ atau tangki bahan bakar dalam keadaan kosong.

Ternyata seperti dikutip dari laman perusahaan minyak dan gas Total Energies, anggapan tersebut keliru gaes.

Huruf ‘E’ tersebut bukan singkatan dari ‘Empty’, tapi ternyata ‘Emergency’ atau darurat.

Itu berarti semacam tanda peringatan bagi pengendara agar segera menuju stasiun pengisian untuk mengisi tangki bahan bakar kendaraannya.

Saat jarum menunjukkan E pun rupanya tidak berarti bahan bakar habis total. Masih ada sisa bahan bakar sekitar 10 persen dari kapasitas tangki.

BERITA LAINNYA  Fatwa MUI: Hewan Terpapar PMK Kategori Ringan Sah Dikurbankan

Sebelum bahan bakar atau BBM benar-benar habis sebaiknya langsung diisi. Jangan sampai kendaraan mogok di tengah perjalanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.