KesehatanSEHAT

9 Manfaat Pisang untuk Kesehatan Tubuh, Boleh Dikonsumsi Tiap Hari?

822
×

9 Manfaat Pisang untuk Kesehatan Tubuh, Boleh Dikonsumsi Tiap Hari?

Share this article
Manfaat Pisang
Ilustrasi pisang (Wikimedia Commons/Wilfredor)

MEDIA24.ID, JAKARTA- Pisang adalah buah yang dikenal mengandung banyak nutrisi, serat dan antioksidan. Manfaat pisang bagi tubuh sangat banyak. 

Untuk diketahui tanaman pisang tumbuh di daerah tropis dan subtropis di seluruh dunia. Mereka biasanya ditemukan di negara-negara seperti Indonesia, Filipina, India, Brasil, dan negara-negara di Afrika.

Pisang dikenal sebagai tanaman yang produktif. Setelah tanaman pisang mencapai usia matang sekitar 9 hingga 12 bulan, pohon dapat menghasilkan tandan pisang yang berisi banyak buah. 

Setelah panen, tanaman akan menghasilkan tunas baru yang akan tumbuh menjadi pohon pisang baru.

Baca juga: Passing Grade SKD Sekolah Kedinasan 2023 dan Bobot Per Soal

Baca juga: Sejarah Berdirinya PSHT, Organisasi Silat dari Madiun

Kandungan Nutrisi Pisang

Dilansir laman Healthline, berikut merupakan kandungan nutrisi pisang berukuran 126 gram:

  • Kalori: 112
  • Lemak: 0 gram
  • Protein: 1 gram
  • Karbohidrat: 29 gram
  • Serat: 3 gram
  • Vitamin C: 12{fd52dcecda881c296c1db31ffe56309657c8000ff039e8a6c57fa921258e5dfa} dari nilai harian atau daily value (DV)
  • Riboflavin: 7{fd52dcecda881c296c1db31ffe56309657c8000ff039e8a6c57fa921258e5dfa} dari nilai harian
  • Folat: 6{fd52dcecda881c296c1db31ffe56309657c8000ff039e8a6c57fa921258e5dfa} dari nilai harian
  • Niacin: 5{fd52dcecda881c296c1db31ffe56309657c8000ff039e8a6c57fa921258e5dfa} dari nilai harian
  • Tembaga: 11{fd52dcecda881c296c1db31ffe56309657c8000ff039e8a6c57fa921258e5dfa} dari nilai harian
  • Kalium: 10{fd52dcecda881c296c1db31ffe56309657c8000ff039e8a6c57fa921258e5dfa} dari nilai harian
  • Magnesium: 8{fd52dcecda881c296c1db31ffe56309657c8000ff039e8a6c57fa921258e5dfa} dari nilai harian
BERITA LAINNYA  6 Tips Memilih Hewan Kurban yang Baik dari Profesor FKH Unair

Manfaat Pisang

Nutrisi dalam pisang bisa meningkatkan kesehatan dan membantu mencegah penyakit. Berikut adalah manfaat pisang bagi tubuh.

1. Membantu Melancarkan Pencernaan

Menurut informasi yang dikutip dari situs Pharm Easy, buah pisang memiliki manfaat yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dengan cara memperlancar sistem pencernaan, termasuk memfasilitasi proses buang air besar.

Hal ini disebabkan oleh kandungan serat larut dan tidak larut yang melimpah dalam pisang, yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan pencernaan.

Serat larut berfungsi untuk mengendalikan kadar gula darah serta membantu menurunkan kolesterol. Di sisi lain, serat tidak larut berperan dalam melunakkan tinja dan mengatur gerakan usus.

2. Membantu Mengontrol Tekanan Darah

Pisang dapat memberikan manfaat dalam menurunkan tekanan darah. Pisang ukuran sedang mengandung sekitar 9{fd52dcecda881c296c1db31ffe56309657c8000ff039e8a6c57fa921258e5dfa} dari kebutuhan harian seseorang akan kalium.

The American Heart Association (AHA) mendorong pengurangan konsumsi garam/natrium dan peningkatan asupan makanan yang kaya akan kalium. Ini dikarenakan kalium dapat membantu mengatur tekanan darah dan mengurangi tekanan pada sistem kardiovaskular.

3. Menjaga Kekebalan Tubuh

Pisang mengandung vitamin C. Seperti diketahui vitamin C, juga dikenal sebagai asam askorbat, adalah nutrisi yang berperan dalam meningkatkan penyerapan zat besi oleh tubuh. Selain itu, vitamin C juga dapat meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit.

BERITA LAINNYA  Jangan Sepelekan Kurang Tidur, Ini Efek yang Bisa Ditimbulkan

Menurut informasi yang dikutip dari Cleveland Clinic, orang dewasa disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 75-90 mg vitamin C setiap harinya. Dalam hal ini, pisang menyediakan sekitar 10 mg vitamin C.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Pisang mengandung banyak potassium, mineral, dan elektrolit yang memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan jantung. Secara umum, pisang berukuran sedang mengandung sekitar 320-400 mg potassium, yang mencakup sekitar 10{fd52dcecda881c296c1db31ffe56309657c8000ff039e8a6c57fa921258e5dfa} dari kebutuhan harian potassium.

Selain itu, pisang juga memiliki kandungan kalium yang tinggi dan natrium yang rendah. Keadaan ini membantu dalam melindungi sistem kardiovaskular dari tekanan darah tinggi.

5. Membantu Mencegah Sel Leukemia

Menurut penelitian laboratorium yang dilakukan pada tahun 2014 oleh Senjam Sunil Singh dan rekannya, telah disarankan bahwa lektin, yaitu protein yang terdapat dalam pisang, memiliki manfaat dalam mencegah pertumbuhan sel leukemia.

Dalam laporan dari Medical News Today, lektin berperan sebagai antioksidan yang membantu tubuh dalam menghilangkan molekul atau radikal bebas. Akumulasi radikal bebas yang berlebihan dapat berpotensi menyebabkan kerusakan sel yang dapat menyebabkan perkembangan kanker.

6. Menurunkan Kadar Gula Darah (Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2)

Asosiasi Jantung Amerika merekomendasikan untuk mengonsumsi buah-buahan yang kaya serat, karena memiliki manfaat dalam membantu mengurangi kadar gula darah.

Sebuah ulasan pada tahun 2018 yang dipublikasikan di National Library of Medicine oleh Marc P. McRae dari National University of Health Sciences, Lombard, menyimpulkan bahwa mengonsumsi makanan yang tinggi serat dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan menurunkan kadar gula darah pada individu yang sudah didiagnosis dengan kondisi ini.

BERITA LAINNYA  Manfaat Lidah Buaya, Salah Satunya Turunkan Hipertensi

7. Meningkatkan Mood dan Mempertahankan Memori

Kandungan triptofan, yang merupakan asam amino, dalam pisang memiliki manfaat dalam menjaga daya ingat. Selain itu, kandungan ini juga dapat meningkatkan kemampuan seseorang dalam proses pembelajaran, memori, dan mengatur suasana hati.

8. Mengurangi Risiko Pembentukan Batu Ginjal

Kehadiran kalium dalam pisang dapat membantu mengurangi risiko pembentukan batu ginjal seiring bertambahnya usia. Dengan kata lain, ginjal yang sehat akan memastikan kadar kalium yang tepat tetap berada dalam tubuh.

9. Membantu Menurunkan Berat Badan

Pada dasarnya, tidak ada penelitian yang secara langsung menguji efek pisang terhadap penurunan berat badan. Tapi, buah ini memang memiliki beberapa kandungan yang membuatnya menjadi makanan yang ramah untuk menurunkan berat badan.

Salah satu alasannya, pisang memiliki kalori yang relatif sedikit (rata-rata memiliki 100 kalori). Jika ingin memasukkan pisang mentah ke dalam makanan atau usaha diet, coba gunakan pisang raja.

Apakah Pisang Baik Dikonsumsi Setiap Hari?

Agar manfaat pisang dapat optimal disarankan untuk mengonsumsi satu sampai dua buah setiap hari.

Namun, beberapa individu perlu berhati-hati dalam mengonsumsi pisang. Jangan berlebihan dalam mengonsumsi pisang, karena kelebihan asupan kalium dapat berbahaya bagi mereka yang memiliki fungsi ginjal yang terbatas.

Orang-orang yang sebaiknya tidak mengonsumsi pisang secara berlebihan adalah:

  • Orang yang menggunakan beta-blocker (obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi)
  • Orang yang memiliki alergi terhadap pisang
  • Orang yang menderita migrain atau sering mengalami migrain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *