• December 13, 2022

5 Jurusan Favorit di Sekolah Vokasi dengan Prospek Kerja dan Gaji Tinggi

5 Jurusan Favorit di Sekolah Vokasi dengan Prospek Kerja dan Gaji Tinggi

MEDIA24.ID, JAKARTA – Proses Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 sudah dimulai.  Calon mahasiswa yang ingin meneruskan ke perguruan tinggi perlu mempertimbangkan jurusan yang akan dipilih karena harus mempertimbangkan minat dan bakat, serta peluang kerja di masa depan.

Saat ini, calon mahasiswa tidak harus melanjutkan pendidikan ke jenjang S1, kalian juga dapat memilih melanjutkan ke program pendidikan vokasi atau D3 dan D4 (sarjana terapan).

Jurusan kejuruan cenderung lebih praktis dan lebih berorientasi pada karier daripada di tingkat sarjana. Sebab, sekolah vokasi atau kejuruan langsung diajarkan skill atau kebutuhan kerja di industri.

Ilmu yang diajarkan di vokasi juga cenderung fokus dan mengutamakan praktik dengan topik yang lebih spesifik. Misalnya French Culinary Arts, Multimedia, Character Design dan masih banyak lagi.

Siswa yang memilih melanjutkan pendidikan di sekolah kejuruan, setelah lulus akan mendapatkan gelar Sertifikat, Diploma atau Diploma Lanjutan.

Durasi kursus di pendidikan kejuruan juga cenderung lebih singkat dibandingkan pendidikan sarjana. Yaitu sekitar 1 sampai 3 tahun, tergantung program yang dipilih.

BERITA LAINNYA  PPDB Jabar 2022 Dibuka Dua Tahap, Ini SMA Terbaik di Bekasi

Berdasarkan hasil penelusuran tim Media24, berikut beberapa jurusan vokasi yang paling diminati calon mahasiswa.

1. Sistem Informasi

Jurusan Sistem Informasi sendiri mempelajari seputar basis data dan pemrograman dalam perangkat lunak.

Lulusan jurusan ini memiliki prospek kerja yang cukup menjanjikan dari segi gaji. Misalnya seperti menjadi software engineer.

Dikutip dari The Southeast Asia Tech Talent Compensation Report 2020/2021, posisi junior software engineer memiliki kisaran gaji sebesar USD500-1.100 atau setara dengan Rp7.174.750 sampai Rp15.784.450.

Kisaran gaji ini juga akan bertambah seiring dengan banyaknya pengalaman yang dimiliki.

2. Ilmu Komputer

Prodi vokasi yang kariernya menjanjikan lainnya ialah Jurusan Ilmu Komputer. Di prodi ini, kamu akan belajar seputar rekayasa perangkat keras komputasi, jaringan komputer, dan juga pemeliharaannya.

Mengingat saat ini bidang teknologi tengah banyak diminati, prospek kerja lulusan jurusan ini juga semakin menjanjikan.

BERITA LAINNYA  Presiden Timor Leste Ramos-Horta Berikan Kuliah Umum di UIN Jakarta

Salah satu peluang karier yang bisa didapat adalah junior frontend developer dengan kisaran gaji sebesar USD500-USD1.700 atau setara dengan Rp7.174.750 hingga Rp24.394.150.

3. Pariwisata

Indonesia memiliki sektor pariwisata yang tak terhingga, maka tak heran jika sektor pariwisata semakin berkembang. Tenaga ahli jurusan pariwisata sangat dinanti oleh berbagai perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata.

Melalui Jurusan Pariwisata, mahasiswa dapat belajar banyak hal seperti manajemen wisata, manajemen pengolahan makanan dan minuman, sistem informasi pariwisata, dan masih banyak lagi.

Prospek kerjanya tidak perlu diragukan lagi karena bisa menjadi pemandu wisata, barista, agen perjalanan, perencana meeting, dan pengelola restaurant.

4. Perpajakan

Jurusan vokasi yang sering laris maris di dunia kerja. Jurusan Perpajakan memang sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan di Indonesia. Setiap perusahaan pasti membutuhkan tenaga ahli pajak.

Saat masuk di jurusan ini, kamu pasti akan mendapatkan materi tata cara perpajakan (KUP), PBB, bea materai, akuntansi pajak, hingga menghitung PPh.

BERITA LAINNYA  Dosen Teknik Kelautan ITS Juarai Kompetisi Karate Internasional di Uzbekistan

Jadi, ketika lulus kamu pasti akan sangat mahir mengenai materi-materi ini. Sehingga kamu pun pasti sudah siap menjadi seorang ahli pajak baik di lingkup pemerintah maupun swasta.

5. Administrasi Perkantoran

Sedang jurusan paling diminati di sekolah vokasi lainnya ialah Jurusan Administrasi Perkantoran. Perusahaan dan berbagai macam sektor industri tentu membutuhkan tenaga administrasi perkantoran.

Saat masuk di jurusan ini, pasti sangat dekat dengan proses pengurusan berkas-berkas hingga keperluan dari kantor.

Dalam jurusan ini, mahasiswa akan diajarkan berbagai macam hal tentang manajemen perkantoran, praktik komputer, teknik penulisan laporan, manajemen kearsipan hingga stenografi.

Nantinya, lulusan jurusan kuliah ini akan berprofesi sebagai sekretaris perusahaan, administrasi, hingga sekretaris legal.

Jadi itulah 5 jurusan paling diminati di sekolah vokasi yang bisa menjadi referensi bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di pendidikan vokasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.