HEADLINEPENDIDIKAN

5 Jurusan Akmil D4, Lulus Jadi Perwira TNI dengan Gelar Sarjana Terapan

157
×

5 Jurusan Akmil D4, Lulus Jadi Perwira TNI dengan Gelar Sarjana Terapan

Share this article
Jurusan Akmil
Taruna Akmil sedang menunjukkan keahlian drumband (Dok. Akmil)

MEDIA24.ID, JAKARTA- Akademi Militer (Akmil) membuka pendaftaran taruna-taruni baru mulai 1 Februari 2024 mendatang. Terdapat 5 jurusan Akmil  yang bisa dipilih para taruna.

Setelah lulus para taruna langsung menjadi perwira TNI AD berpangkat letnan dua. Selain itu, mereka juga berkualifikasi akademik D4 dengan gelar  Sarjana Terapan Pertahanan S.Tr.(Han).

Dikutip dari laman resmi Akmil, para taruna Akmil mendapatkan sistem Tri Pola Dasar Pendidikan, yaitu pembentukan sikap dan perilaku, akademik, dan jasmani.

Kemudian seperti di perguruan tinggi, para taruna juga melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Semuanya ditempuh dalam 8 semester atau 4 tahun sebelum ditugaskan sebagai perwira.

BERITA LAINNYA  Ekonomi Indonesia Paling Resilien di Tengah Perlambatan Global

Ada lima prodi Akmil bagi calon taruna dan taruni. Apa saja?

Jurusan Akmil

Teknik Sipil Pertahanan

Prodi Teknik Sipil Pertahanan menyiapkan taruna untuk mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsinya setelah lulus dan bertugas di satuan Zeni AD.

Di bidang pengetahuan dan keahlian teknik sipil, taruna akan mempelajari antara lain konstruksi bangunan, mekanika tanah dan teknik, struktur beton dan baja, hingga manajemen konstruksi.

Taruna Akmil di prodi ini juga akan menjalani pembinanaan mental, jasmani militer, hukum dan perundangan, teknik dan taktik militer, menembak, militer umum, dan melaksanakan tugas akhir.

BERITA LAINNYA  Profil Kadiv Propam Irjen Syahardiantono, Pengganti Irjen Ferdy Sambo

Teknik Mesin Pertahanan

Sebelum menjadi Perwira Teknik Mesin Pertahanan, taruna Akmil di prodi ini dibekali ilmu mekatronika, elemen mesin, termodinamika, balistika, motor bakar, hingga aerodinamika, dan propulsi.

Taruna prodi ini juga akan mempelajari ilmu dan keterampilan militer umum, militer taktik, teknologi informasi, fisika terapan, kimia, dan statistika. Di akhir studi, taruna akan melaksanakan tugas akhir.

Manajemen Pertahanan

Taruna Manajemen Pertahanan Akmil mempelajari manajemen perubahan, sistem informasi manajemen, manajemen strategis, hingga perilaku organisasi. Di samping itu, taruna prodi ini juga akan mendapat ilmu militer. Di akhir studi, taruna wajib menyusun tugas akhir untuk memperoleh gelar S.Tr.(Han).

BERITA LAINNYA  Mengenal Cacar Monyet, Gejala dan Pencegahannya

Administrasi Pertahanan

Sebelum menjadi perwira, taruna Administrasi Pertahanan Akmil mempelajari ilmu administrasi, pengembangan birokrasi, administrasi global, teori organsiasi, hingga administrasi keuangan dan logistik. Seperti taruna prodi lainnya, taruna Administrasi Pertahanan juga dibekali ilmu-ilmu  militer dan melaksanakan tugas akhir.

Teknik Elektronika Pertahanan

Taruna Teknik Elektronika Pertahanan Akmil mempelajari instrumentasi dan alat ukur, sistem mikrokontroler, elektronika dasar, teknik elektronika, hingga teknik digital. Lulusan prodi ini juga dibekali ilmu-ilmu militer sebelum bertugas. Informasi selengkapnya jurusan Akmil bisa diakses di sini.