HEADLINERELIGI

10 Negara Paling Religius di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

1578
×

10 Negara Paling Religius di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?

Share this article
religius, agama
Indonesia ada pada peringkat berapa dalam hal religiusitas?

MEDIA24.ID, JAKARTA- Kata religius menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti bersifat religi; bersifat keagamaan; yang bersangkut-paut dengan religi. Kata religius ini kadang dimaknai berbeda oleh tiap orang, baru baru ini ada info tentang negara paling religius

“negara religius” dapat diartikan sebagai sebuah negara yang secara resmi mengakui dan mempromosikan satu agama tertentu sebagai agama resmi negara dan memperlihatkan pengaruh agama tersebut dalam kebijakan dan kehidupan masyarakatnya. Beberapa contoh negara religius yang terkenal di dunia antara lain Iran yang secara resmi menganut agama Islam Syiah dan Vatikan yang merupakan pusat keagamaan Katolik Roma.

Namun, ada juga negara yang dihuni mayoritas pemeluk agama tertentu namun tidak secara resmi mengakui agama tersebut sebagai agama negara. Indonesia, sebagai contoh, memiliki mayoritas penduduk yang memeluk agama Islam namun secara konstitusional Indonesia adalah negara dengan dasar Pancasila dan tidak secara resmi mengakui agama Islam sebagai agama resmi negara.

Sementara itu, ada juga negara yang menganut prinsip pemisahan antara agama dan negara, sehingga tidak mengakui agama tertentu sebagai agama resmi negara dan memperbolehkan kebebasan beragama bagi warga negaranya. Beberapa contoh negara seperti itu antara lain Amerika Serikat, Perancis, dan India.

Dalam konteks apapun, negara religius atau tidak, setiap negara memiliki kebebasan untuk memilih dan mengatur agama yang dianut oleh penduduknya sesuai dengan hukum dan kebijakan yang berlaku di negara tersebut.

BERITA LAINNYA  Fajar/Rian Juara Indonesia Masters 2022

Majalah CEOWORLD bekerja sama dengan Global Business Policy Institute sebuah lembaga kajian independen berbasis di Berlin melakukan survei terhadap tingkat religius di 148 negara pada 2020 lalu.

Baca juga: Cek! 11 Daerah Ini Beli Pertalite dan Solar Wajib Pakai MyPertamina

Baca juga: Ini Tips Pilih Hewan Qurban di Tengah Wabah PMK, Virus Bisa Bertahan 3 Bulan Lho

Survei ini mengambil sampel sekitar 370.0000 penduduk. Mereka menanyakan apakah setiap individu dari tiap negara ‘merasa religius’ atau tidak. Bagaimana hasilnya?

Ternyata menurut survei 10 besar negara yang penduduknya merasa negara paling religius berada di Afrika dan Asia.

Apa saja negara yang dimaksud?

10 Negara Paling Religius di Dunia

  1. Somalia, tingkat religiusitas: 99,8
  2. Nigeria, tingkat religiusitas: 99,7
  3. Bangladesh, tingkat religiusitas: 99,5
  4. Ethiopia, tingkat religiusitas: 99,3
  5. Yemen, tingkat religiusitas: 99,1
  6. Malawi, tingkat religiusitas: 99
  7.  Indonesia, tingkat religiusitas: 98,7
  8. Sri Lanka, tingkat religiusitas: 98,6
  9. Mauritania, tingkat religiusitas: 98,5
  10. Djibouti, tingkat religiusitas: 98,2
BERITA LAINNYA  Dulu Sering Dianggap Sepele, Ciplukan Ternyata Kaya Menfaat

Dari data di atas, ternyata tempat lahirnya suatu agama bukan menjadi penentu religiusitas warga negaranya.

India sebagai negara yang pertama melahirkan ajaran Hinduisme, Jainisme, Sikhisme, dan Buddha, menduduki peringkat 54 dari 148 negara.

Amerika Serikat yang konstitusinya memberi kemerdekaan dan jaminan menjalankan agama bagi pemeluknya berada di posisi ke-104.

Sementara negara di benua Eropa, Rumania yang berada di posisi paling tinggi yakni di nomor 72.

Secara keseluruhan dari rata-rata negara yang disurvei, sebanyak 74,44 persen orang dewasa mengatakan agama sangat penting dalam kehidupan mereka.

Namun, tingkat komitmen keagamaan seperti afiliasi, pentingnya agama, kehadiran ibadah, serta frekuensi beribadah sangat bervariasi di seluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *