GAYALEISURE

10 Destinasi Wisata di Cianjur Selatan, termasuk rumah Abah Jajang

313
×

10 Destinasi Wisata di Cianjur Selatan, termasuk rumah Abah Jajang

Share this article
wisata Cianjur Selatan
Gambar dari video ridwan kamil (tangkap Layar) wisata cianjur selatan

Destinasi wisata di Cianjur Selatan dan juga sekitar sukabumi, garut, banyak yang belum tau gaes, berikut 10 tempat wisata cianjur di selatan

 

1. Gunung Gede Pangrango National Park

Gunung Gede Pangrango National Park adalah sebuah taman nasional yang terletak di antara Kabupaten Bogor, Sukabumi, dan Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Taman nasional ini memiliki luas sekitar 24.270 hektar dan terdiri dari dua gunung yang menjadi ikonnya, yaitu Gunung Gede dan Gunung Pangrango.

Taman nasional ini memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang sangat tinggi. Terdapat sekitar 250 spesies burung, 9 spesies primata, dan sekitar 1.200 spesies flora, termasuk beberapa spesies yang endemik di Jawa Barat. Selain itu, terdapat juga beberapa objek wisata yang menarik, seperti Curug Cibeureum, Curug Sawer, dan Situ Gunung.

Gunung Gede Pangrango National Park juga menjadi tempat yang populer untuk pendakian. Terdapat beberapa jalur pendakian yang dapat dipilih, seperti jalur Cibodas, jalur Selabintana, dan jalur Gunung Putri. Pendakian ke Gunung Gede dan Gunung Pangrango biasanya memakan waktu sekitar 2-3 hari tergantung pada jalur yang dipilih dan kondisi fisik pendaki.

Selain itu, di dalam taman nasional ini juga terdapat beberapa tempat penginapan dan restoran yang dapat digunakan oleh pengunjung. Bagi pecinta alam dan pendaki, Gunung Gede Pangrango National Park adalah salah satu tempat yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

2. Curug Cikaso

Curug Cikaso adalah sebuah air terjun yang terletak di desa Jampang, kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Air terjun ini terkenal dengan keindahan panorama alamnya yang menawan dan menjadi salah satu destinasi wisata alam yang populer di daerah Sukabumi.

Curug Cikaso terdiri dari tiga tingkatan air terjun dengan ketinggian masing-masing sekitar 7 meter, 15 meter, dan 20 meter. Air terjun ini memiliki debit air yang melimpah sepanjang tahun, sehingga selalu terlihat indah dan segar.

Untuk menuju ke Curug Cikaso, pengunjung harus melewati jalan setapak yang cukup menantang, namun pemandangan yang indah sepanjang perjalanan akan membuat perjalanan tersebut menjadi lebih menyenangkan. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam sekitar, seperti hutan tropis yang hijau dan terdengar suara gemericik air yang menenangkan.

Selain menikmati keindahan Curug Cikaso, pengunjung juga dapat melakukan kegiatan lainnya, seperti berenang, bermain air, dan berfoto-foto. Untuk akses ke Curug Cikaso, pengunjung harus membayar tiket masuk yang cukup terjangkau. Jadi, bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam Sukabumi, Curug Cikaso adalah salah satu tempat yang harus dikunjungi.

3. Air Terjun Cipanas

Air Terjun Cipanas adalah sebuah air terjun yang terletak di Desa Cipanas, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Air Terjun Cipanas memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan debit air yang deras, sehingga memberikan panorama alam yang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi.

Untuk menuju ke Air Terjun Cipanas, pengunjung harus melakukan perjalanan sejauh sekitar 1,5 kilometer dari jalan utama ke arah lereng Gunung Gede Pangrango. Pengunjung juga harus menempuh perjalanan menuruni bukit dan melewati jalan setapak yang cukup menantang, namun pemandangan sepanjang perjalanan akan membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan.

Selain menikmati keindahan alam dan panorama Air Terjun Cipanas, pengunjung juga dapat melakukan kegiatan lainnya, seperti berenang di kolam yang terbentuk di bawah air terjun, berjalan-jalan di sekitar area air terjun, atau hanya duduk-duduk sambil menikmati keindahan alam sekitar.

Untuk masuk ke Air Terjun Cipanas, pengunjung harus membayar tiket masuk yang cukup terjangkau. Jika Anda ingin menikmati keindahan alam dan panorama Air Terjun Cipanas, maka tempat ini bisa menjadi salah satu pilihan destinasi wisata cianjur alam yang patut dikunjungi di Kabupaten.

4. Taman Nasional Halimun Salak

Taman Nasional Halimun Salak adalah sebuah taman nasional yang terletak di wilayah Kabupaten Bogor, Sukabumi, dan Lebak, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Taman nasional ini memiliki luas sekitar 113.357 hektar dan terdiri dari dua gunung yang menjadi ikonnya, yaitu Gunung Halimun dan Gunung Salak.

Taman nasional ini memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang sangat tinggi, termasuk beberapa spesies yang endemik di Jawa Barat. Terdapat sekitar 200 spesies burung, 3 spesies kera endemik, dan sekitar 6.000 spesies flora, termasuk beberapa spesies tanaman obat yang digunakan oleh masyarakat setempat.

Selain keanekaragaman alamnya yang menakjubkan, Taman Nasional Halimun Salak juga menawarkan berbagai aktivitas wisata alam yang menarik, seperti hiking, camping, birdwatching, dan juga wisata edukasi tentang flora dan fauna. Terdapat beberapa rute pendakian yang bisa dipilih, seperti pendakian ke puncak Gunung Salak dan Gunung Halimun.

Taman Nasional Halimun Salak juga menawarkan tempat penginapan dan wisma yang dapat digunakan oleh pengunjung. Namun, untuk mengunjungi taman nasional ini, pengunjung disarankan untuk membawa peralatan camping, makanan, dan minuman yang cukup karena fasilitas di dalam taman nasional masih terbatas.

Jadi, bagi pecinta alam dan pendaki, Taman Nasional Halimun Salak adalah salah satu tempat yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Pengunjung bisa menikmati keindahan alam yang menakjubkan serta berbagai aktivitas wisata alam yang seru dan menantang.

5. Gunung Padang Megalithic Site bagian dari wisata cianjur

Gunung Padang Megalithic Site adalah situs megalitik yang terletak di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Situs ini terdiri dari beberapa teras dan dinding batu yang tersebar di bukit Gunung Padang, dengan ketinggian sekitar 885 meter di atas permukaan laut.

Situs Gunung Padang diyakini memiliki usia yang sangat tua, bahkan beberapa penelitian menyebutkan bahwa situs ini mungkin lebih tua daripada Piramida di Mesir. Situs ini juga dipercaya memiliki hubungan dengan kebudayaan megalitik di Indonesia dan Asia Tenggara.

Banyak penelitian dan studi yang telah dilakukan di situs ini untuk mengungkap sejarah dan asal usulnya. Dari hasil penelitian yang dilakukan, terdapat beberapa artefak dan benda-benda kuno yang ditemukan di situs ini, seperti batu-batu besar, batu-batu bundar, dan artefak lainnya yang menunjukkan keberadaan manusia pada masa lampau.

Situs Gunung Padang Megalithic Site telah menjadi daya tarik bagi para wisatawan, peneliti, dan arkeolog dari berbagai negara. Pengunjung yang datang ke situs ini dapat menikmati pemandangan alam yang indah serta belajar tentang sejarah dan budaya megalitik Indonesia.

Namun, karena situs ini masih dalam tahap penelitian dan pengembangan, pengunjung diharapkan untuk tetap menjaga kebersihan dan kelestarian situs. Jadi, bagi pecinta sejarah dan kebudayaan, Gunung Padang Megalithic Site adalah salah satu destinasi wisata yang sangat menarik dan patut dikunjungi di Kabupaten Cianjur.

6. Air Terjun Karang Tunggal beberapa kilometer dari wisata cianjur

Air Terjun Karang Tunggal adalah salah satu destinasi wisata alam yang terletak di Desa Sirnajaya, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Air terjun ini terletak di kawasan hutan dan dikelilingi oleh pemandangan yang sangat indah.

Air Terjun Karang Tunggal memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan memiliki kolam yang cukup besar di bawahnya, sehingga pengunjung dapat berenang dan menikmati suasana yang segar di sekitar air terjun. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan alam yang indah dari atas air terjun.

Untuk mencapai Air Terjun Karang Tunggal, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari pusat Kota Sukabumi melalui jalan yang cukup terjal dan berkelok-kelok. Namun, perjalanan yang melelahkan akan terbayar dengan keindahan alam yang menakjubkan di sekitar air terjun.

Selain menikmati keindahan air terjun, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas wisata alam lainnya di sekitar Air Terjun Karang Tunggal, seperti camping, hiking, atau berkeliling di sekitar hutan.

Air Terjun Karang Tunggal adalah destinasi wisata yang sangat cocok bagi pecinta alam dan orang-orang yang ingin melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Jadi, bagi yang ingin merasakan keindahan alam yang masih alami dan segar, Air Terjun Karang Tunggal adalah pilihan yang tepat.

Telaga Remis adalah sebuah danau kecil yang terletak di Desa Cipanas, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Danau ini terletak di kawasan pegunungan dengan pemandangan alam yang indah dan sejuk.

Telaga Remis memiliki luas sekitar 6 hektar dan kedalaman sekitar 6 meter. Airnya yang jernih dan dingin membuat danau ini menjadi tempat yang cocok untuk berenang atau sekadar bermain air di sekitar pinggir danau. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan indah dari atas bukit yang mengelilingi danau.

Pengunjung juga dapat melakukan aktivitas lain di sekitar Telaga Remis, seperti memancing, bersepeda, atau camping di sekitar danau. Di sekitar danau juga terdapat warung makan dan tempat peristirahatan yang dapat digunakan oleh pengunjung.

Untuk mencapai Telaga Remis, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum dari pusat Kota Cianjur. Perjalanan ke Telaga Remis memakan waktu sekitar 1 jam dari pusat kota, namun perjalanan ini akan terbayar dengan keindahan alam yang menakjubkan di sekitar danau.

Telaga Remis adalah destinasi wisata alam yang cocok bagi mereka yang ingin merasakan keindahan alam yang masih alami dan menenangkan. Jadi, bagi pecinta alam dan orang-orang yang ingin melepas penat dari rutinitas sehari-hari, Telaga Remis adalah pilihan yang tepat.

8. Air Terjun Cimarinjung

Air Terjun Cimarinjung adalah salah satu destinasi wisata alam yang terletak di Desa Citalahab, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter dan berada di dalam kawasan hutan yang masih alami.

Air Terjun Cimarinjung memiliki kolam yang cukup besar di bawahnya, sehingga pengunjung dapat berenang atau bermain air di sekitar air terjun. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan alam yang indah dan segar dari atas air terjun.

Untuk mencapai Air Terjun Cimarinjung, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 2,5 jam dari pusat Kota Sukabumi melalui jalan yang cukup terjal dan berkelok-kelok. Namun, perjalanan yang melelahkan akan terbayar dengan keindahan alam yang menakjubkan di sekitar air terjun.

Selain menikmati keindahan air terjun, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas wisata alam lainnya di sekitar Air Terjun Cimarinjung, seperti camping, hiking, atau berkeliling di sekitar hutan.

Air Terjun Cimarinjung adalah destinasi wisata yang sangat cocok bagi pecinta alam dan orang-orang yang ingin melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Jadi, bagi yang ingin merasakan keindahan alam yang masih alami dan segar, Air Terjun Cimarinjung adalah pilihan yang tepat.

9. Situ Cangkuang

Situ Cangkuang adalah sebuah danau kecil yang terletak di Desa Cangkuang Kulon, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Danau ini memiliki luas sekitar 2 hektar dan berada di tengah-tengah persawahan yang subur.

Salah satu daya tarik Situ Cangkuang adalah keberadaan Candi Cangkuang yang berada di tengah danau. Candi ini merupakan candi Hindu tertua di Jawa Barat yang masih lestari dan memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Selain mengunjungi Candi Cangkuang, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan indah di sekitar Situ Cangkuang. Di sekitar danau terdapat pohon-pohon rindang yang memberikan kesejukan, serta area persawahan yang memberikan pemandangan hijau yang menyejukkan.

Untuk mencapai Situ Cangkuang, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum dari pusat Kota Garut. Perjalanan ke Situ Cangkuang memakan waktu sekitar 1 jam dari pusat kota.

Situ Cangkuang adalah destinasi wisata yang cocok bagi pecinta sejarah dan orang-orang yang ingin merasakan suasana pedesaan yang tenang. Jadi, bagi yang ingin merasakan keindahan alam dan sejarah yang terjaga dengan baik, Situ Cangkuang adalah pilihan yang tepat.

10. Air Terjun Cibareubeuy

Air Terjun Cibareubeuy terletak di kaki Gunung Guntur, Desa Sukamaju, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan memiliki kolam yang cukup besar di bawahnya, sehingga pengunjung dapat berenang atau bermain air di sekitar air terjun.

Air Terjun Cibareubeuy memiliki keindahan yang sangat menakjubkan, dengan air yang jernih dan pepohonan yang hijau mengelilingi air terjun. Selain menikmati keindahan air terjun, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas hiking dan trekking di sekitar Gunung Guntur.

Untuk mencapai Air Terjun Cibareubeuy, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum dari pusat Kota Garut. Perjalanan ke Air Terjun Cibareubeuy memakan waktu sekitar 2 jam dari pusat kota.

Air Terjun Cibareubeuy adalah destinasi wisata yang cocok bagi pecinta alam dan orang-orang yang ingin melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Jadi, bagi yang ingin merasakan keindahan alam yang masih alami dan segar, Air Terjun Cibareubeuy adalah pilihan yang tepat.

Curug Citambur adalah sebuah air terjun yang terletak di Kampung Cikalong, Desa Cibitung, Kecamatan Agrabinta, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan memiliki kolam air yang cukup besar di bawahnya, sehingga pengunjung dapat berenang atau bermain air di sekitar air terjun.

Curug Citambur dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun dan suasana alam yang masih asri dan sejuk, sehingga sangat cocok bagi pengunjung yang ingin melepaskan penat dan merasakan suasana alam yang segar. Selain menikmati keindahan air terjun, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas hiking dan trekking di sekitar area Curug Citambur.

Untuk mencapai Curug Citambur, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum dari pusat Kota Sukabumi. Perjalanan ke Curug Citambur memakan waktu sekitar 1 jam dari pusat kota.

Curug Citambur adalah destinasi wisata yang cocok bagi pecinta alam dan orang-orang yang ingin melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Jadi, bagi yang ingin merasakan keindahan alam yang masih alami dan segar, Curug Citambur bisa menjadi pilihan yang tepat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *